AS isyaratkan menetap di Suriah

AS mengirim hampir 150 truk kendaraan lapis baja dan peralatan militer ke wilayah-wilayah yang diteror di Suriah Senin malam

AS isyaratkan menetap di Suriah

AL-HASAKAH, Suriah / ANKARA, Turki 

Amerika Serikat (AS) mengerahkan hampir 150 truk kendaraan lapis baja dan peralatan militer ke wilayah-wilayah yang diteror di Suriah Senin malam, mengisyaratkan tidak adanya penarikan militer dari negara itu.

Menurut koresponden Anadolu Agency dari lapangan, truk-truk bermuatan kendaraan lapis baja, peralatan konstruksi dan pembangkit listrik, melintasi gerbang Semalka di perbatasan Irak-Suriah untuk mencapai depot milik teroris YPG / PKK di desa Harab Isk dan Sarrin.

Truk-truk itu membawa kendaraan Humvee, yang dikenal sebagai kendaraan serba guna dengan kemampuan mobilitas tinggi, yang oleh AS diberikan kepada teroris YPG / PKK yang menggunakan nama SDF di Suriah.

Pengiriman terjadi ketika pejabat Turki dan AS mengadakan pertemuan di Washington tentang pembentukan zona aman di Suriah utara, dan peta jalan (roadmap) untuk stabilitas di Manbij.

Sumber itu mengatakan sekitar 400 truk dikirim ke daerah-daerah yang diduduki oleh teroris YPG / PKK di Suriah dari pihak Irak sejak awal proses penarikan.

Bulan lalu, AS Presiden Donald Trump tiba-tiba mengumumkan rencana untuk menarik pasukan Amerika dari negara yang sudah lelah berperang itu.

Ketika Trump mengusulkan gagasan zona aman bebas teror di Suriah utara, pejabat AS menuntut jaminan Turki bahwa pihaknya tidak akan melakukan operasi terhadap kelompok teroris YPG / PKK.

Turki mendukung gagasan zona aman di Suriah, namun menolak melindungi teroris.

Selama lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan UE - bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

YPG adalah cabang PKK di Suriah.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA