10 tewas dalam serangan bersenjata di Nigeria

Sekelompok penyerang yang mengendarai motor menewaskan setidaknya 10 orang serta membakar rumah-rumah warga di provinsi Benue

10 tewas dalam serangan bersenjata di Nigeria

ABUJA

Sebanyak 10 orang tewas dan banyak lainnya menderita luka-luka akibat serangan bersenjata di Provinsi Benue, Nigeria.

Juru bicara polisi setempat Moses Yamu, mengumumkan bahwa sekelompok orang tak dikenal melakukan serangan bersenjata terhadap warga di daerah Lessel di provinsi tersebut.

Yamu mengatakan, selain menewaskan 10 orang, para pelaku juga melukai banyak warga lainnya dalam serangan itu.

Dia mengungkapkan para penyerang melakukan aksinya dengan mengendarai sepeda motor, mereka juga membakar rumah-rumah warga di sana.

Pasukan keamanan, ungkap Yamu, memulai operasi untuk menemukan para pelaku.

Wilayah tersebut kerap menjadi tempat konflik kekerasan antara para gembala dan petani dari waktu ke waktu.

Kekerasan antara penggembala dan petani menjadi masalah serius di Nigeria, terutama di jalur tengah dan selatan yang merupakan kawasan agraris, dengan kedua belah pihak sering saling tuduh.

Banyak pemerintah provinsi, seperti Benue, telah mencoba menyelesaikan pertikaian dengan mengeluarkan undang-undang anti penggembalaan, yang dianggap tidak adil oleh para penggembala.

Para ahli menyalahkan krisis di Danau Chad dan kegagalan pemerintah untuk mengatasi masalah kelangkaan sumber daya alam, yang menyebabkan persaingan antara para petani dan penggembala.

Kelompok Fulani -juga dikenal dengan nama Fula- bermigrasi ke kawasan utara Nigeria untuk berternak binatang namun mengatakan petani di wilayah itu selalu mencoba membawa lari ternak dan menyerang mereka.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA