Malaysia desak PBB bentuk tim untuk jaga keamanan Palestina

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah menyatakan 71 tahun setelah Majelis Umum PBB mengadopsi Resolusi 181, Palestina masih berjuang untuk keadilan

Malaysia desak PBB bentuk tim untuk jaga keamanan Palestina

JAKARTA

Malaysia menegaskan PBB harus campur tangan untuk membuat misi PBB atau mengizinkan kehadiran internasional untuk memantau situasi dan menjaga keamanan di Palestina, lansir Bernama pada Kamis.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengatakan komunitas internasional seharusnya tidak boleh melupakan bangsa Palestina dan Malaysia siap untuk terus memainkan peran.

Saifuddin menegaskan komunitas internasional harus memperkuat sistem multilateral untuk menemukan solusi yang bertahan lama karena ada kegagalan dalam negosiasi bilateral untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina dalam beberapa dekade terakhir.

“Kegagalan seperti itu hanya menghasilkan status quo di Wilayah Pendudukan Palestina,” ujar Saifuddin.

Saifuddin menyatakan kekecewaan bahwa 71 tahun setelah Majelis Umum PBB mengadopsi Resolusi 181, Palestina masih berjuang untuk keadilan, perdamaian, dan negara berdaulat mereka sendiri.

Situasi di Palestina, kata dia, jauh sangat berbeda dengan Israel.

Sebagai menteri luar negeri, Saifuddin mengatakan dia akan terus menjunjung dukungan Malaysia untuk Palestina dan itu tidak hanya terbatas pada aspek diplomatik dan politik, tetapi juga keuangan, kemanusiaan dan pembangunan infrastruktur.

Saifuddin mengatakan bahwa selama mengajukan kerangka kerja kebijakan luar negeri untuk Malaysia Baru di Parlemen pada 15 Oktober tahun ini, dia berbicara panjang lebar tentang pentingnya Malaysia terkait dengan masalah Palestina.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA