Indonesia ikuti festival budaya terbesar di Saudi

Partisipasi Indonesia dalam festival Janadiriyah ke 32 tersebut sebagai permintaan langsung dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk mewakili Asia.

0
855

JAKARTA

Untuk pertama kalinya Indonesia mendapat undangan untuk mengisi acara dalam festival budaya terbesar di Saudi bertajuk Festival Janadiriyah pada tanggal 15-16 Februari.

Festival tersebut telah terselenggara sejak tahun 1985. Partisipasi Indonesia dalam festival Janadiriyah ke 32 tersebut sebagai permintaan langsung dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk mewakili Asia.

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan festival tersebut hanya diikuti oleh enam negara antara lain Ukraina, Spanyol, Aljazair, dan Ethiopia.

“Ini kehormatan besar untuk Indonesia karena berarti sudah ada kesetaraan diplomasi dengan Saudi,” ungkap dia di Jakarta, Kamis.

Dalam festival tersebut, Indonesia menampilkan tari Saman, Rampak Gendang, serta menyuguhkan kuliner nusantara secara gratis untuk sekitar 30 ribu pengunjung festival.

“Tidak masalah kita keluarkan biaya karena ini tinta emas diplomasi budaya Indonesia dan Saudi,” aku Dubes Agus.

Pengisi acara menurut dia berasal dari para pelajar Indonesia yang ada di Saudi dari berbagai jenjang pendidikan.

“Selain itu, ini juga bagian dari pengembangan poros Saunesia atau Saudi-Indonesia yang kita kembangkan dalam dua tahun terakhir,” jelas dia.

There are no comments yet