Rumah Warga Tak Mampu di Kota Bandung Bakal Ditempeli Stiker

0
166
Ilustrasi (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Untuk memberikan identitas kepada warga tidak mampu serta memudahkan instansi lain saat melakukan intervensi program supaya tepat sasaran, Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung bakal memasang atau menempelkan stiker khusus di rumah warga miskin atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kabid Pengendalian Data dan Evaluasi Dinsosnangkis Kota Bandung, Susatyo Triwilopo mengatakan, penempelan stiker juga dilakukan untuk melindungi hak warga yang kurang mampu.

Menurut Susatyo, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan program-program lain dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang tidak bisa diselesaikan oleh 1 atau 2 perangkat daerah. Karenanya dengan penempelan stiker, instansi-instansi yang memiliki program khusus untuk warga tidak mampu bisa membedakan mana rumah warga yang berhak mendapatkan pelayanan serta bantuan dan mana yang tidak.

“Kan tidak semua di kawasan kumuh juga masyarakatnya miskin, kita harus membedakan sehingga nanti tak semua petugas harus memasuki rumah satu per satu. Apalagi Dinas Kesehatan yang mempunyai program home visit dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah. Nanti penempelan stiker akan memudahkan,” kata Susatyo melansir PRFM, Rabu (27/9/2017).

Selain itu, lanjut Susatyo, langkah tersebut juga dilakukan untuk meminimalisir hadirnya warga yang mengaku tidak mampu padahal tidak termasuk ke dalam kategori miskin. Dirinya mengaku hingga saat ini masih ada saja warga mampu yang menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu untuk mendapatkan pelayanan atau bantuan.

“Ada suatu maksud, karena ada sikap mental masyarakat kita yang ingin disebut miskin padahal sudah tidak miskin. Dengan ini ya masyarakat sekitar juga bisa menegur, memperingatkan supaya tidak mengaku miskin kalau merasa mampu,” tutur Susatyo.

Susatyo menambahkan, penempelan stiker tersebut akan dilakukan oleh tenaga garda Program Penanganan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang sudah tersebar di setiap RW dengan jumlah keseluruhan 1.767 orang.

(Vetra)

There are no comments yet