AS Permudah Penjualan dan Ekspor Senjata Api?

0
89
ilustrai (web)

AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.com : Sejumlah pejabat senior Amerika Serikat menyatakan pemerintahnya tengah bersiap-siap untuk mempermudah penjualan senjata ringan buatan negaranya, termasuk senapan serbu dan amunisinya kepada para pembeli di luar negeri.

Melansir VOA, Rabu (27/9/2017), para Staf Presiden Trump dilaporkan tengah menyiapkan perubahan peraturan yang akan mengalihkan pengawasan penjualan senjata non-militer dari Departemen Luar Negeri kepada Departemen Perdagangan.

Para pejabat dari berbagai badan pemerintah yang tidak mau disebut namanya mengatakan, peraturan baru itu akan mengurangi banyak peraturan ketat dan biaya-biaya pengaturan, meningkatkan ekspor senjata ringan Amerika, dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri.

“Akan lebih banyak kemudahan untuk melakukan penjualan senjata. Kalau dilakukan secara betul, peraturan baru ini akan sangat mempermudah penjualan senjata” kata seorang pejabat senior pemerintah,” katanya.

Namun para kritikus, termasuk beberapa anggota Kongres dan pendukung pengawasan senjata telah menyatakan keprihatinan, bahwa pelonggaran peraturan ekspor senjata itu akan memungkinkan geng-geng penjahat dan kelompok-kelompok militan mendapatkan senjata-senjata yang sering digunakan di AS dalam berbagai aksi penembakan massal.

“Pejabat-pejabat pemerintah sudah hampir menyelesaikan rancangan peraturan baru itu, yang bisa diteruskan ke Kantor Anggaran Gedung Putih untuk dipelajari dalam beberapa hari saja,” kata seorang pejabat pemerintah AS yang enggan disebutkan namanya.

Perubahan peraturan tersebut bisa diberlakukan tanpa persetujuan Kongres, dan kemungkinan diumumkan pada musim gugur ini, sebelum diberlakukan pada pertengahan pertama tahun depan.

(Agung/Yun)

There are no comments yet