DPR : Indonesia Darurat Merkuri

0
6712
Ilustrasi (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtar Tompo mengatakan, saat ini Indonesia darurat merkuri. Untuk itu, Indonesia harus segera mengurangi penggunaan merkuri pada kegiatan industri, termasuk pada pertambangan emas skala kecil.

“Kondisi Indonesia sangatlah krisis, karena kerusakan akibat merkuri tidak hanya sesaat sebagaimana yang terlihat, namun masuk ke dalam peredaran darah dan merusak syaraf. Selain itu, merkuri merusak lingkungan dan kehidupan manusia,” papar Mukhtar.

Ia mengungkapkan, beberapa tahun terakhir penggunaan merkuri di pertambangan emas skala kecil semakin marak. Padahal lingkungan yang sudah terkontaminasi merkuri susah untuk dinetralkan lagi hingga puluhan tahun kemudian.

“Di udara, pencemaran merkuri dapat merusak saluran pernapasan, merkuri 60 – 80 persen masuk diserap tubuh melalui udara. Artinya, udara yang tercemar merkuri lebih berbahaya dibandingkan makanan atau minuman yang terkontaminasi merkuri,” paparnya mengutip laman resmi DPR RI, Rabu (27/9/2017).

Upaya penertiban, lanjut Mukhtar sudah berjalan tetapi belum efektif. Karenanya, diibutuhkan langkah serentak dan seirama oleh semua pihak, pemerintah daerah harus berada di garda terdepan.

(Vetra)

There are no comments yet