Menlu Korut: Donald Trump Umumkan Pernyataan Perang

0
56
Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho. (foto web)

AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.com: Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho menuding Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendeklarasikan perang terhadap negaranya. Di juga menyatakan bahwa Korut memiliki hak untuk menembak jatuh pesawat pengebom AS.

Melansir BBC pada Selasa (26/9/2017), menurut Ri, upaya tembak jatuh pesawat bomber AS tersebut dapat berlaku bahkan jika pesawat itu tidak berada di wilayah udara Korut.

“Seluruh dunia harus mengingat dengan jelas bahwa AS adalah pihak yang pertama kali mendeklarasikan perang terhadap negara kami,” kata Menlu Ri kepada wartawan saat ia meninggalkan New York usai menghadiri Sidang Majelis Umum PBB ke-72.

“Sejak AS mendeklarasikan perang melawan negara kami, kami punya hak untuk mengambil tindakan balasan, termasuk hak untuk menembak jatuh bomber AS bahkan ketika pesawat mereka tidak berada di wilayah udara kami,” tambahnya.

Pernyataan Ri tersebut adalah respons atas kicauan Trump di Twitter yang menyebutkan, “kepemimpinan Korut tidak akan bertahan lebih lama jika mereka terus melanjutkan retorika”.

(Agung)

 

There are no comments yet