KPU Ciamis Sosialisasikan Pencalonan Pilkada

0
249
KPU Ciamis Sosialisasikan Pencalonan Pilkada. (FOKUSJabar/Hermansyah)

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melakukan sosialisasi peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ciamis dan Pemilihan Gubernur 2018 kepada para bakal calon, partai politik, relawan bakal calon, pemerintah daerah dan beberapa stakeholder lainnya di Aula Stikes Muhammadiyah Ciamis, Senin (25/9/2017).

Komisioner Divisi Hukum KPU Provinsi Jawa Barat, Agus Rustandi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPU Ciamis, menurutnya sosialisasi pencalonan ini merupakan yang pertama dari beberapa kota/kabupaten yang akan menggelar Pilkada serentak kepada para stakeholder. Diketahui, di Jawa Barat ada 16 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak.

“Kami dari KPU Provinsi Jawa Barat memberikan suport terhadap KPU kabupaten/kota dan memastikan Pilkada Ciamis berjalan baik sesuai dengan peraturan yang ada,” ungkapnya.

Agus menjelaskan, nantinya bukan hanya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, tetapi bersama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Sehingga saat di tempat pemungutan suara (TPS) masyarakat akan mendapat dua surat suara.

“Saya kira sosialisasi ini sangat penting terutama bagi partai politik, para Balon Bupati menjelang proses pendaftaran ke KPU banyak yang harus dipahami, seperti syarat pencalonan dan syarat calon. Seperti syarat pencalonan harus didukung 20 persen kursi di DPRD,” jelasnya.

Ketua KPUD Kabupaten Ciamis, Kikim Tarkim mengatakan, saat ini pihak KPU masih berbicara sosialisasi peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan. Lebih fokus terhadap proses-proses pencalonan dan syarat calon.

“Yang terpenting apa yang menjadi kewajiban KPU Ciamis untuk menyampaikan informasi berbagai aturan sudah ditunaikan. Saya yakin bakal calon yang tidak hadir tetapi timnya hadir. Memang mungkin mereka sibuk jadi diwakili timnya,” pungkasnya.

(Hermansyah/Yun)

There are no comments yet