Delapan Tim Bola Voli Indoor Kota/Kabupaten Sudah Pastikan Tempat di Porda Jabar XIII

0
363
Delapan Tim Bola Voli Indoor Kota/Kabupaten Sudah Pastikan Tempat di Porda Jabar XIII. (FOKUSJabar/Ageng)
BANDUNG, FOKUSJabar.com : Sebanyak delapan tim bola voli indoor dipastikan tampil di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 setelah lolos dari babak kualifikasi cabang olahraga bola voli indoor di wilayah II dan wilayah III. Babak kualifikasi untuk wilayah II digelar di Kabupaten Bekasi pada 20-24 September 2017 dan untuk wilayah III digelar di Kota Cirebon pada 22-26 September 2017.
Kedelapan tim yang lolos dari babak kualifikasi di dua wilayah tersebut, terbagi dalam dua tim putra dan dua tim putri dari wilayah II serta dua tim putra dan dua tim putri dari wilayah III. Untuk dua tim putra yang lolos dari babak kualifikasi wilayah II yakni Kota Bandung dan Kabupaten Ciamis. Sedangkan dua tim putri yang lolos dari babak kualifikasi wilayah II yakni Kota Cimahi dan Kabupaten Ciamis.
Tim putra Kota Bandung lolos menuju Porda Jabar XIII/2018 di Kabupaten Bogor cabang olahraga bola voli indoor setelah meraih hasil sempurna dari lima laga yang dilakoni di babak kualifikasi dan menempati peringkat pertama klasemen akhir. Kota Bandung berhasil meraih nilai sempurna 15 poin, hasil dari lima kemenangan tanpa kehilangan satu set pun.
Di laga perdana, tim putra Kota Bandung menekuk Kabupaten Ciamis dengan skor 3-0 (27-25, 25-15, 25-12), lalu menekuk Kota Cimahi dengan skor 3-0 (25-20, 25-22, 25-15) dan meraih kemenangan ketiganya atas tim putra Kabupaten Purwakarta dengan skor 3-0 (25-20, 25-9, 25-18). Dua kemenangan terakhir bagi Kota Bandung diraih atas Kabupaten Karawang dengan skor 3-0 (25-18, 25-18, 25-18) dan Kabupaten Subang dengan skor 3-0 (25-12, 25-16, 27-25).
Meski lolos menuju Porda Jabar XIII/2018 sebagai juara grup dengan catatan tidak terkalahkan dan tidak kehilangan satu set pun, Pelatih tim bola voli indoor putra Kota Bandung, Agus Irawan mengaku jika masih perlu beberapa perbaikan dalam timnya. Baik dari sisi non-teknis maupun teknis. Diantaranya sistem pertahanan, servis, hingga kejelian pengumpan (setter) dalam menyusun penyerangan.
“Sistem pertahanan masih harus kami perbaiki, terutama untuk blok. Servis anak-anak pun kurang bisa mematikan belum bisa mencetak poin. Kalau dari sisi serangan, kita tinggal mengasah kemampuan setter sehingga variasi serangan lebih baik lagi,” ujar Agus saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (26/9/2017).
Kalau dari sisi non-teknis, Agus menyoroti terkait ketenangan bermain, emosi yang masih belum stabil, leadership, hingga komunikasi anak asuhnya saat dilapangan. Hal tersebut lebih dikarenakan anak asuhnya yang mayoritas pemain junior.
“Kalau dari teknis individu, anak-anak sudah sangat baik. Hanya dari sisi non-teknis itu yang harus lebih diasah karena sebagian besar pemain kami kelahiran 2001. Bahan evaluasi tersebut akan kami sampaikan ke pengcab PBVSI Kota Bandung,” tegasnya.
Sementara untuk babak kualifikasi wilayah III di Kota Cirebon, tim bola voli indoor Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya menjadi dua tim yang lolos ke Porda Jabar XIII/2018 di bagian putra. Sementara untuk bagian putri, tim tuan rumah Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu akan menjadi wakil dari wilayah III.
Dengan lolosnya empat tim putra dan empat tim putri dari pelaksanaan babak kualifikasi cabang olahraga bola voli indoor tersebut, maka jumlah tim yang sudah dipastikan berlaga di Porda Jabar XIII/2018 sebanyak delapan tim putra dan delapan tim putri. Dua tim terakhir di kelompok putra maupun putri yang berhak berlaga di cabang olahraga bola voli indoor Porda Jabar XIII, akan ditentukan pada babak kualifikasi wilayah IV yang akan digelar di Kabupaten Cianjur pada 7-13 Oktober 2017.
“Untuk babak kualifikasi bola voli pasir, rencananya akan kita gelar usai pelaksanaan babak kualifikasi bola voli indoor di Cianjur selesai. Untuk lokasi, akan kita tentukan kemudian,” pungkas technical delegate cabang olahraga bola voli Porda Jabar XIII/2018, Dadang Kusnadi.
(ageng)

There are no comments yet