Puluhan Jasad Warga Hindu Ditemukan di Kuburan Massal Rakhine

0
197
ilustrasi (web)

MYANMAR, FOKUSJabar.com : Tentara Myanmar menemukan sebuah kuburan massal berisi 28 jasad warga hindu di Rakhine Myanmar, tempat dimana kekerasan militer terhadap minoritas Muslim Rohingya terus terjadi.

Dalam pernyataan tertulis, tentara Myanmar menuding kelompok bersenjata Pasukan Penyelamat Rohingya Arakan (ARSA) bertanggungjawab atas pembunuhan massal tersebut, Minggu (24/9/2017).

“Anggota keamanan menemukan dan mengambil 28 jasad orang hindu yang dibunuh secara keji oleh ARSA di Rakhine,” demikian pernyataan tentara Myanmar, seperti dilansir AFP, Senin (25/9/2017).

AFP tidak bisa melakukan verifikasi independen terkait laporan ini karena akses menuju Rakhine dijaga ketat oleh tentara Myanmar.

Sejak bentrokan antara ARSA dan militer pecah pada 25 Agustus lalu, ribuan warga hindu juga dilaporkan kabur dari Rakhine bersama ratusan ribu orang Rohingya.

Pemerintah Myanmar menyebut ARSA sebagai kelompok teror. Militer pun melakukan operasi pembersihan untuk memberantas ARSA dari Rakhine.

Tak hanya menyerang ARSA, militer juga diduga membantai orang sipil Rohingya. Sejumlah organisasi pemantau pelanggaran hak asasi manusia bahkan melaporkan, warga sekitar juga ikut mempersekusi Rohingya di Rakhine.

Sejak saat itu, sekitar 1.000 Rohingya dilaporkan tewas, sementara 430 ribu lainnya kabur ke Bangladesh.

(Agung/Yun)

There are no comments yet