Sanggar Seni Asta Mekar Pimpin Ratusan Siswa Bermain Angklung

0
4097
Sangga Seni Asta Mekar Pimpin Ratusan Siswa Bermain Angklung. (FOKUSJabar/Riza Irfansyah)

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.com: Sanggar Seni Asta Mekar Tasikmalaya menggelar konser bertajug Lounching Program Seni Angklung (Senang), dengan melibatkan 167 perwakilan siswa dari SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4 dan SMPN 5 Tasikmalaya, di Alun-alun Kota Tasikmalaya, Minggu (24/9/2017).

Masyarakatpun antusias dan segera mengerumuni panggung dadakan yang dibuat oleh anggota Sanggar Asta Mekar tepatnya di tugu patung Mak Eroh dan Abdul Rozak, warga menikmati rangkaian lantunan musik tradisi yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Asta Mekar.

Pembin Sanggar Seni Asta Mekar, Tomi Ahmad Saputra mengatakan, Sanggar Seni Asta Mekar konsen bergerak dalam Kesenian dan Budaya, diantaranya, memiliki sejumah program untuk melestarikan Seni Budaya kepada generasi muda, salah satunya program Seni Angklung (Senang).

” Program Senang ini, kita mengirimkan pengajar ke sekolah – sekolah, untuk nantinya ditampilkan seperti yang kita lakukan hari ini di Alun-alun Tasikmalaya,” kata Tomi disela – sela petunjukan Angklung gabungan dari empat SMP dengan membawakan lagu Bubuy Bulan.

Tomi menjelaskan, dalam program Senang ini, selain mengajar Angklung para pengajar yang dikirim oleh Sanggar ke Sekolah-sekolah memberikan motivasi serta menanamkan kebanggan terhadap kearifan lokal dan seni tradisi yang dimiliki, salah satunya Angklung yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

” Kita bercita-cita melestarikan Budaya, dengan kreativitas yang kita miliki, dengan Sumber Daya yang kita miliki, agar generasi muda bisa lebih mengenal jati diri mereka, dan menjadikanya kebanggaan tersendiri dalam menghadapi persaingan Global,” jelasnya.

Selain penampilan gabungan dari empat sekolah, Asta Mekar mengajak rekan-rekan seniman Tasikmalaya untuk memeriahkan program Senang dipagi hari tersebut, seperti Sanggar Seni Katumbiri FKAIP Unsil, UKM Seni Musik Unsil, Sanggar Punakawan Tasikmalaya, UKM Siliwangi Photografy (SPOT) Unsil, Teacher Musik Comnit (TMC) UPI Kampus Tasikmalaya.

Tomi berharap, pihak sekolah, orang tua siswa dan seluruh masyarakat dapat lebih terbuka dengan program Senang, dengan program-program yang berkaitan dengan melestarikan Budaya, demi menanamkan jati diri Budaya Bangsa sejak dini.

” Terimakasih untuk seluruh siswa yang telah hadir dan kepada pihak sekolah yang sudah sangat terbuka dengan program kami, juga kepada teman-teman seniman yang ikut serta memeriahkan Louncing Program Senang pagi ini,” ungkap Tomi.

Sementara itu warga Tasik Epul yang kebetulan menyaksikan penampilan ratusan siswa bermain Angklung di Alun-alun Ciamis itu mengaku sangat antusias.

” Kita memang haus hiburan yang mengedukasi, saya berharap pagelaran seperti ini terus dijalankan berkelanjutan, dengan menampilkan kreasi-kreasi anak bangsa dengan Budayanya,” tegasnya.

(Riza Irfansyah/Bam’s[review])

There are no comments yet