Tambah 10 Emas, Jabar Perpendek Selisih Medali dengan DKI Jakarta

0
95
Tambah 10 Emas, Jabar Perpendek Selisih Medali dengan DKI Jakarta. (FOKUSJabar/Ageng)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kontingen Jawa Barat semakin memperpendek jarak dengan DKI Jakarta dalam perburuan medali pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV tahun 2017 di Semarang, Jawa Tengah. Hingga Senin (18/9/2017) petang, medali emas Jabar dengan DKI Jakarta di klasemen sementara hanya berselisih tujuh keping.

Jabar berada di peringkat dua dengan raihan 37 medali emas, 31 medali perak, dan 41 medali perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta yang berada di peringkat pertama sudah mengoleksi sebanyak 44 medali emas, 31 medali perak dan 33 medali perunggu.

Tambahan medali emas bagi Jabar pada Senin (18/9/2017), disumbangkan dari cabang olahraga unggulan. Yakni renang, taekwondo, panahan, dan tenis lapangan. Total, Jabar berhasil meraih 10 medali emas pada hari kesembilan pelaksanaan multieven olahraga pelajar tingkat nasional tersebut.

Di cabang olahraga renang, Jabar berhasil meraih empat medali emas. Yakni melalui Erick Ahmad Fathoni dari nomor 100 meter gaya bebas putra, lalu di 200 meter gaya kupu-kupu putra atas nama Azel Zelmi, lalu Athalarik Maulidio F kembali meraih medali emas ketiganya di ajang Popnas XIV dari nomor 400 meter gaya ganti perorangan putra. Dan terakhir, tim Jabar berhasil meraih medali emas dari nomor 4×100 meter gaya bebas estafet putra.

“Total, hingga hari ini, renang sudah menyumbang sembilan medali emas bagi Jabar dan melampaui target yang dibebankan yakni delapan medali emas. Untuk hari ini saja, sebenarnya kita hanya menargetkan dua medali emas tapi anak-anak bisa memberikan kejutan.
Puji Tuhan, anak-anak semua dalam kondisi baik dan masih ada 14 nomor pertandingan lagi. Semoga kita bisa terus menyumbangkan medali emas,” ujar Penanggungjawab cabang olahraga renang Popnas XIV Jabar, Ira Kurniawan melalui pesan WhatApps, Senin (18/9/2017).

Selain renang, cabang olahraga yang berhasil melampaui target medali emas yakni taekwondo. Hingga Senin (18/9/2017), cabang olahraga taekwondo sudah menyumbangkan enam medali emas dari target tiga medali emas. Tiga medali emas terakhir, disumbangkan atlet taekwondo Jabar pada laga yang digelar Senin (18/9/2017) di Gedung UTC UNNES, Jalan Kelud Raya, Kota Semarang.

Tiga medali emas yang diraih pada Senin (18/9/2017) yakni dari kategori kyorugi kelas under 68 kg putra atas nama Fakhturozi. Lalu dua emas lain disumbangkan oleh Dhea Fitri Anggraeni dari kelas under 52 kg putri serta dari kelas under 55 kg putri atas nama Hisma Azzahra.

“Alhamdulillah, hari ini kita menyumbang tiga emas dan satu perunggu sehingga total raihan cabang olahraga taekwondo hingga hari ke tiga pertandingan yakni enam emas, lima perak, dan dua perunggu.
Semoga raoihan medali emas kita terus bertambah karena masih ada empat nomor lagi yang akan dipertandingkan,” ujar
Penanggungjawab cabang olahraga taekwondo Popnas XIV Jabar, Rosandi.

Tiga medali emas lain yang diraih atlet Jabar pada Senin (18/9/2017), disumbangkan dari cabang olahraga panahan dna tenis lapangan. Cabang olahraga panahan berhasil meraih medali emas melalui Ratna Humaira KF dari kategori Divisi Nasional perorangan putri. Sedangkan cabang olahraga tenis lapangan menyumbangkan dua medali emas melalui M Althaf Dhaifullah dari nomor tunggal putra dan dari nomor ganda campuran atas nama M Althaf dan Shevita.

“Alhamdulilah, para atlet mampu berjuang maksimal dan memperpendek raihan medali emas dengan pemuncak klasemen DKI Jakarta. Kita masih optimistis bisa mempertahankan juara umum karena masih ada atlet kita yang berlaga di babak final. Seperti di renang, taekwondo, tarung derajat, dan beberapa cabang olahraga lain yang masih bertanding. Salah satunya di sepakbola yang sudah memastikan masuk final, lalu di olahraga permainan lain,” tegas Ketua Kontingen Popnas XIV Jabar, Nandang Saptari.

(ageng/bam’s)

There are no comments yet