Dirjen Dukcapil : Jika KTP Rusak, Datangi Disdukcapil dan Minta Diganti

0
52
Ilustrasi (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus melakukan perbaikan dalam percetakan KTPel yang sampai saat ini sudah mencetak lebih dari 175 juta dan ada beberapa terjadi kerusakan seperti mengelupas yang disebabkan beberapa faktor.

“Kami akui ada yang rusak atau mengelupas, tapi jumlahnya tidak banyak. Karena ini bisa kita ketahui dari permohonan penggantian KTPel karena rusak, belum tentu dalam setiap hari ada yang meminta ganti KTPel karena rusak,” kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengutip PRFM Kamis (14/9/2017).

Menurut Zudan, blanko yang rusak ini karena human eror saat mencetak yang tidak memperhatikan suhu printer. “Pencetakan KTPel disyaratkan dengan suhu printer antara 160 -170, ini dapat dilihat di layar printer,” ujarnya.

Ia menjelaskan suhu printer ini sangat berpengaruh bagi kualitas blanko tersebut. Suhu tersebut harus benar-benar pas, tidak boleh lebih atau kurang.

“Jika suhu printer kurang dari yang disyaratkan mengakibatkan laminating pada kartu akan cepat mengelupas, jika suhu printer lebih dari yang disyaratkan dapat mengakibatkan kartu KTPel akan melengkung,” tegasnya dirilis Puspen Kemendagri.

Zudan menyarankan jika ada masyarakat yang KTPel nya rusak silahkan untuk mendatangi Dinas Dukcapil setempat untuk diganti dengan yang baru.

“Bila ada KTPel rusak silahkan masyarakat datangi Dinas Dukcapil untuk minta diganti. Saat ini blanko tersedia cukup karena lelang sudah berjalan,” pungkasnya.

(Vetra)

There are no comments yet