Perdana, Irak Hukum Mati Anggota ISIS asal Rusia

0
64
ilustrasi (web)

IRAK, FOKUSJabar.com : Dewan Yudisial Tinggi Irak mengumumkan seorang warga negara Rusia yang didakwa karena bergabung dengan kelompok teror ISIS, telah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Baghdad.

Ini adalah kali pertamanya seorang pejuang teroris asing atau foreign terrorist fighters (FTF) di Irak dijatuhi hukuman mati.

“Terpidana melakukan sejumlah operasi teroris terhadap layanan keamanan sejak 2015,” kata Hakim Abdul Sattar al Beeraqdar, juru bicara Dewan Yudisial Tinggi, seperti dikutip CNN, Rabu (13/9/2017).

Dia dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, sesuai dengan pasal empat hukum anti-terorisme Irak, kata al-Beeraqdar.

Laki-laki tersebut ditangkap oleh pasukan Irak dalam operasi perebutan kembali tepi timur Mosul dari ISIS. Pada Juli, Perdana Menteri Irak menyatakan, seluruh bagian dari kota terbesar kedua di Irak itu telah direbut dari kelompok teror.

Masih belum jelas ada berapa pasukan ISIS, termasuk FTF yang ditangkap pasukan Irak dan Kurdi seiring dengan perebutan kembali sejumlah wilayah belakangan ini.

(Agung/Yun)

There are no comments yet