Peserta PTSL Adalah Desa Lengkap

0
93
Desa Peserta PTSL Adalah Desa Lengkap. (FOKUSJabar/Andian)

GARUT, FOKUSJabar.com : Pemerintahan Desa yang menjadi peserta Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTDL) bisa dikategorikan sebagai Desa lengkap. Dimana sudah mempunyai peta pendaftaran tanah.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Garut, Harnida Darius. Menurutnya, Desa peserta PTSL adalah Desa lengkap yang akan mempunyai peta pendaftaran tanah.

” Disebut Desa lengkap karena punya Peta yang tidak membutuhkan lagi Letter C ataupun riwayat tanah lainnya,” katanya.

Ditambahkan Harnida, diharapkan dengan adanya Program PTSL, dimana masyarakat akan mempunyai kepastian hukum atas kepemilikan tanah, dan perekonomiannya meningkat, adanya rasa kepercayaan pihak perbankan kepada warga yang menjaminkan tanahnya.

Harnida menyebutkan, program ini baru tahap sosilisasi. Dimana akan berjalan pada bulan Januari 2017 dan selesai pada bulan Juli 2017. Jadi pihaknya sangat mengharapkan masyarakat yang akan mensertifikatkan tanahnya lewat PTSL diharap jujur dan kooperatif.

” Petugas kami dikejar target, satu hati minimal bisa menyelesaikan 15 bidang. Itu tak akan terwujud jika tidak ada kerjasamanya,” imbuhnya.

Dijelaskan Harnida, perlu diketahui PTSL ini tidak dipungut biaya alias gratis. Yang ada masyarakat dikenakan biaya diri sendiri. Artinya, biaya itu untuk penyediaan materai, patok, photo copy dan sebagainya.

” Biaya Sertifikat nol Rupiah yang ada hanyalah biaya diri sendiri, peruntukannya bagi keperluan dan kelengkapan si pemohon,” sebutnya seraya menyebutkan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri yang mana zona Jawa Barat maksimal Rp150 ribu.

Harnida menghimbau kepada para pemohon agar senantiasa dapat bekerja sama dengan petugas di lapangan. Dimana nantinya bisa memperlihatkan batas tanah, bukti kepemilikan tanah, identitas diri dan kelengkapan yang diperlukan.

” Saya sangat mengharapkan warga bisa bekerjasama demi mensukseskan program PTSL ini sekaligus dapat meningkatkan peringkat Kabupaten Garut. Dimana kita masih menduduki peringkat 16 nasional dalam hal penyelesaian,” pungkasnya.

(Andian/Bam’s)

There are no comments yet