Pasien Rawat Inap RS TMC Tasikmalaya Dipungut Uang Muka?

0
56
RS TMC abaikan UU kesehatan RI (fokusjabar-Seda)

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.com: UU No36 tahun 2009 tentang Pelayanan Kesehatan disebutkan, Rumah Sakit tidak diperkenankan meminta uang muka/DP kepada pasien yang akan berobat, terutama pasien rawat inap.

Nampaknya UU Kesehatan tersebut dilanggar RS TMC Tasikmalaya. Hal itu terungkap setelah adanya pengakuan dari salah satu pasien yang meminta jati dirinya tidak dipublikasikan.

Dia mengaku, dimintai uang muka terlebih dulu oleh pihak Rumah Sakit sebelum selesai mendapatkan penanganan medis.

” Saya dimintai uang muka oleh petugas administrasi RS TMC Tasikmalaya.  Katanya, ini ketentuan dan aturan Rumah Sakit,” katanya menirukan ucapan petugas administrasi.

Humas RS TMC Tasikmalaya, Jco Jerico yang didampingi Bagian Publikasi dan Informasi, Yuyun Nurhasana mengakuinya bahwa selama ini pihaknya meminta uang muka bagi pasien rawat inap.

” Memang aturan UU Kesehatan tidak dibenarkan RS meminta uang muka kepada pasien. Tapi ini kan sudah menjadi aturan dan kebijakan Manajemen Rumah Sakit,” ungkap Jco.

Menurut dia, tujuan dimintai uang muka tentunya untuk kebaikan si-pasien itu sendiri.

” Uang muka itu untuk meringankan beban pasien, agar setelah selesai dirawat biayanya tidak memberatkan. Lagi pula permintaan tersbut tidak harus hari itu. Kami beri waktu 1 x 24 jam. Jumlah uang muka yang diminta tergantung dari besaran biaya yang akan terpakai oleh pasien,” ungkapnya.

Dia pun menyadari dan mengetahui regulasi yang mengaturnya jelas tidak dibenarkan meminta uang muka terlebih dulu ke pasien.

” Mungkin nanti kami akan sampaikan ke pihak manajemen Rumah Sakit karena aturan yang mengeluarkan dari perusahaan, kebetulan sekarang akhir tahun bisa menjadi pembahasan kerja untuk tahun 2018,” terang Yuyun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Zaenal Kholis wanti-wanti kepada para pemilik Rumah Sakit untuk tidak meminta uang muka ke pasien. Baik pasien kritis atau gawat darurat maupun pasien dengan kondisi biasa-biasa.

” Saya tidak pernah menemukan ada Rumah Sakit di Kota Tasikmalaya yang meminta uang muka ke pasien. Tapi jika menemukan, silahkan laporkan ke kami. Saya akan merekomendasikan RS tersebut dicabut izin operasionalnya,” pungkasnya.

(Seda/Bam’s)

There are no comments yet