Kesan Ketua MPR RI Kunjungi Keraton Kanoman Cirebon

0
68

CIREBON, FOKUSJabar.com : Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyampaikan keberadaan keraton di Indonesia merupakan identitas bangsa. Oleh karena itu, pemerintah baik pusat maupun daerah wajib memperhatikan dan melestarikan keraton yang masih ada di Indonesia.

“Pengorbanan kerajaan para bangsawan luar biasa. Mereka siap membubarkan diri tidak menjadi Raja lagi asal Indonesia merdeka dan bersatu,” ungkap Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Selasa (12/9/2017).

Dia mengatakan, selain membubarkan diri, kerajaan di Indonesia juga rela mengalihkan tanah adat menjadi tanah hutan hingga milik negara.

Ini ditunjukkan dengan lahirnya undang-undang kawasan, dia mengakui, peran para Raja dan Sultan ketika zaman kemerdekaan sangat besar.

Baginya, kebudayaan di daerah dan kawasan kasultanan menjadi sumber budaya nasional. Selain itu, sumber kreativitas daerah diakui menjadi sumber kreativitas tingkat nasional.

“Kalau tidak dipertahankan maka yang masuk budaya bukan tradisional kita. Kalau perang bisa, tapi kalau peradaban hilang susah. Jangan sampai Indonesia maju tapi orang Indonesianya tidak maju,” kata dia.

Dia juga menyampaikan, jika keraton tidak mendapat dukungan dari Pemerintah, maka perlahan akan pudar. Sehingga identitas ini bisa jadi hilang.

“Saya datang kemari melihat langsung dan mudah-mudahan mendapatkan dukungan dari Pemda apakah Kota, Gubernur maupun Pusat,” ujarnya.

Dia berharap, keberadaan keraton di Cirebon dengan adat dan budayanya terus dilestarikan. Termasuk pemerintah baik di daerah provinsi maupun pusar wajib memberikan dukungan secara penuh.

“Ini tugas kita semua yang sudah merdeka 72 tahun, dan reformasi 19 tahun. Yang saya khawatirkan mulai luntur nilai kebangsaan dan saling menghormati. Semua dinilai karena uang, ini bahaya,” kata Zulkifli memungkasi.

(Panji/Yun)

There are no comments yet