Dalai Lama: Budha Pasti Akan Menolong Muslim Rohingya

0
12
Tokoh agama dari Tibet, Dalai Lama, meminta Myanmar untuk meneladani sikap Buddha yang pasti akan menolong Muslim Rohingya ketika sedang kesulitan. (Reuters/Dylan Martinez)

TIBET, FOKUSJabar.com: Tokoh agama dari Tibet, Dalai Lama, meminta Myanmar untuk meneladani sikap Budha yang pasti akan menolong Muslim Rohingya ketika sedang kesulitan.

“Mereka harus ingat, Budha, dalam keadaan seperti itu, Buddha pasti akan menolong Muslim yang kesulitan. Jadi, saya merasa sangat sangat sedih,” ujar Dalai Lama, Seperti dilansir CNN, Selasa (12/9/2017).

Pernyataan ini dilontarkan Dalai Lama setelah ditanya wartawan mengenai kekerasan militer Myanmar yang kian brutal terhadap etnis minoritas Muslim Rohingya di Rakhine selama tiga pekan belakangan.

Komentar Dalai Lama ini pun bukan kritik pertama yang disampaikan oleh tokoh internasional. Sebelumnya, Uskup Agung Desmond Tutu menulis surat kepada pemimpin defacto Myanmar, Aung San Suu Kyi, untuk mengakhiri persekusi terhadap Rohingya.

“Saya mengakhiri kebungkaman saya mengenai hubungan publik karena kesedihan atas keadaan buruk yang menimpa minoritas Muslim di negara Anda, kaum Rohingya,” tulis Tutu.

Selain itu, rekan Suu Kyi sesama penerima Nobel Perdamaian, Malala Yousafzai, juga mendesak sang Penasihat Negara Myanmar untuk segera bertindak menghentikan kekerasan terhadap Rohingya.

“Selama beberapa tahun belakangan, saya berulang kali mengecam perlakuan tragis dan memalukan. Saya masih menunggu teman penerima Nobel Perdamaian, Aung San Suu Kyi, untuk melakukan hal yang sama.” katanya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here