BI Dorong Petani Manfaatkan Resi Gudang

0
43

CIREBON, FOKUSJabar.com : Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan akan mendorong petani untuk memanfaatkan Sistem Resi Gudang (SRG).

Kepala BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat pemanfaatan SRG tersebut agar para petani terhindar dari tengkulak.

“Di Jawa Barat ada sekitar 14 RSG, namun yang dimanfaatkan sangat sedikit, untuk itu kita akan dorong para petani memanfaatkan sistem ini,” kata Wiwiek, Selasa (12/9/2017).

Jika SRG dimanfaatkan secara optimal, akan menstabilkan harga di pasaran sehingga petani terhindar dari tengkulak yang selama ini bisa mempermainkan harga.

Menurut Wiwiek, dengan SRG nantinya para petani bisa menjual hasilnya kepada pihak perbankan dan itu bisa langsung untuk modal, tentunya dengan kriteria yang harus dipenuhi.

Contohnya yaitu rendemennya harus standar yang diinginkan dan semua syarat itu terpenuhi, agar bisa dibiayai oleh bank.

“Dengan adanya SRG, para petani bisa menjual hasil panen ke bank yang akan membiayai resi dengan singkat, diperkirakan tiga jam sudah selesai,” ujarnya.

Di Jawa Barat baru ada tiga SRG yang sudah berjalan dengan baik, untuk itu pihaknya akan terus mendorong para petani memanfaatkan sistem ini, juga mencari tahu apa yang menjadi kendala SRG lainnya tidak berjalan lancar.

“Keberadaan SRG ini sangat penting dalam menjaga persediaan komoditas terutama beras, karena jika stok beras bisa dijaga maka inflasi bisa terjaga dan dikendalikan,” katanya.

“Melalui SRG ini petani akan untung karena bisa menjual gabah saat harga tinggi dan dapat menyimpan gabah pada saat harga turun,” tegas Wiwiek.

(Panji/Yun)

There are no comments yet