bank bjb Layani Pembayaran Samsat Online Nasional

0
392

JAKARTA, FOKUSJabar.com : bank bjb bersama 6 Bank Pembangunan Daerah (BPD), 4 Bank BUMN, 3 Bank Swasta melaksanakan Penandanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, PT. Jasa Raharja (Persero) dan 7 Provinsi di Pulau Jawa & Bali mengenai “Layanan Samsat Online (e-Samsat) Nasional” untuk Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak, Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor pada Provinsi Banten, Dearah Khusus Ibu Kota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Ditunjuknya bank bjb untuk melayani Pembayaran Samsat Online Nasional ini bukan tanpa alasan, bank bjb sendiri menjadi salah satu bank di Indonesia yang berinovasi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Inovasi itu ditunjukkan bank dengan kode emiten BJBR ini melalui kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Awalnya, kemudahan membayar pajak kendaraan dilakukan bank bjb melalui Program bjb e-Samsat. Yaitu program pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa harus datang ke kantor Samsat. Masyarakat cukup melakukan pembayaran melalui jaringan e-Channel (bjb DIGI & bjb ATM) bank bjb. Kemudian setelah sukses mengembangkan bjb e-Samsat, bank bjb pun kembali mengembangkan terobosan baru untuk mempermudah nasabah membayar pajak, melalui T-Samsat.

bjb T-Samsat adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor yang bisa dilakukan melalui sistem cicil atau angsur. Pembayaran ini nantinya di debit secara otomatis dari rekening nasabah bank bjb. Dengan mekanisme pembayaran ini, masyarakat tidak merasa terbebani untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Atas inovasinya tersebut, bank bjb dianugerahi penghargaan dari Koran SINDO pada Kategori Pelayanan Program Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor T-Samsat beberapa waktu yang lalu.

Ahmad Irfan selaku Direktur Utama bank bjb menyampaikan kepada wartawan “Sebagai bank yang sudah menasional dan tumbuh besar dengan salah satu misinya yaitu sebagai penggerak laju perekonomian daerah, bjb terus berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah. Terutama dalam meningkatkan optimalisasi penerimaan daerah dari sektor pajak salah satunya pajak kendaraan bermotor. Untuk itu Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan mengembangkan perluasan dari layanan elektronik Samsat (e-Samsat) melalui bjb e-Samsat dimana wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui jaringan e-Channel (bjb DIGI & bjb ATM) bank bjb menjadi T-Samsat.”

Kemudian Irfan menambahkan “Pada perkembangannya, bank bjb membuat aplikasi bagi wajib pajak dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tanpa harus datang ke kantor Samsat. Masyarakat cukup melakukan registrasi layanan menabung pajak (T-Samsat), maka sistem akan melakukan pendebetan sesuai dengan nominal yang mesti dibayar wajib pajak. Langkah tersebut, merupakan realisasi tag line bank bjb, “Biarkan Kami yang Bekerja untuk Anda”. Melalui program T-Samsat itu, pihaknya berharap adanya perluasan layanan dan dapat mendukung pencapaian target penerimaan setoran pajak kendaraan bermotor dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).”

“Kini dengan adanya sinergi Layanan Samsat Online Nasional ini, bank bjb berharap dapat semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak sehingga masyarakat semakin dapat terlayani secara optimal dan dapat menikmati kemudahan-kemudahan seperti tidak perlu antre, dapat menikmati pelayanan yang mudah, cepat, transparan dan akuntabel serta sistem ini juga diharapkan dapat mencegah terjadinya praktik percaloan yang kerap terjadi dalam pengurusan berbagai pembayaran di Samsat sehingga dapat membantu Pemerintah dalam mencegah terjadinya praktik-praktik percaloan. Untuk itu Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah atas kepercayaannya selama ini untuk bersinergi dengan bank bjb dengan semangat bersama-sama membangun bangsa,” tutup Irfan.

(HW)

There are no comments yet