Kontingen Jabar Sudah Berangkat ke Semarang untuk Pertahankan Juara Umum Popnas XIV‎

0
24
BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kontingen Jawa Barat untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV tahun 2017 sudah mulai diberangkatkan menuju Semarang, Jawa Tengah. Keberangkatan ke Semarang sendiri dibagi dalam enam ‎tim.
Ketua Kontingen Popnas XIV Jabar, Nandang Saptari mengatakan, tim pertama diberangkatkan pada Minggu (10/9/2017) dinihari menuju Semarang. Cabang olahraga yang diberangkatkan sebagai tim pertama menuju Semarang yakni sepakbola, bola basket, tenis lapangan dan tenis meja.
“‎Kita berangkatkan cabang olahraga sesuai dengan jadwal pertandingan mereka di Popnas XIV nanti. Untuk keberangkatan sendiri, kita bagi dalam enam tim dan cabang olahraga terakhir yang berangkat yakni di cabang olahraga senam ritmik serta senam aerobik pada 15 September,” ujar Nandang saat ditemui di komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (11/9/2017).
‎Nandang menambahkan, berdasarkan informasi dari tim keabsahan, persyaratan atlet pelajar asal Jabar sudah selesai dan tidak ada masalah. Hanya satu atlet di cabang bola voli indoor yang masih kita permasalahkan.
“‎Atlet bola voli putri itu didaftarkan juga oleh kontingen DKI Jakarta padahal kita tidak pernah memberikan izin untuk perpindahan atlet yang bersangkutan. Dia atlet asal Sumedang hanya saja dia masuk ke SMA Khusus Olahraga Ragunan, jadi secara administrasi dia adalah atlet Jabar dan kami tetap tidak akan mengeluarkan surat izin. Kita pun menekankan kepada setiap penanggungjawab cabang olahraga untuk bertanggungjawab mulai dari kedatangan, pertandingan hingga kepulangan,” tuturnya.
Pasca pelaksanaan seleksi, desentralisasi hingga sentralisasi atlet, Nandang mengaku jika ‎progres kesiapan atlet menuju Popnas XIV sudah terlihat ada peningkatan. Termasuk dengan target yang sudah ditetapkan yakni minimal 60 medali emas dari 280 nomor pertandingan di 21 cabang olahraga pun sudah disampaikan oleh masing-masing penanggungjawab cabang olahraga.
“Kenapa hanya bertambah dua medali emas dari capaian pada Popnas XIII tahun 2015 lalu dimana kita meraih 58 medali emas, karena kita harus memperhitungkan juga tuan rumah, Jateng. Sebelumnya, peta persaingan di Popnas itu ada di Jatim, DKI Jakarta ‎dan Jabar, tapi untuk Popnas XIV ini ada Jateng sebagai tuan rumah,” tegasnya.
Selain itu, pihaknya pun sudah mulai mengantisipasi ‎dengan kondisi dan letak geografis venue pertandingan masing-masing cabang olahraga di Popnas XIV yang berjauhan. Pihaknya pun sudah melakukan aklimatisasi dengan jadwal pertandingan yang di sebagian cabang olahraga ada yang melakukan pertandingan di sore dan malam hari.
“Jadi kita sudah siapkan semua, mulai dari faktor teknis maupun non teknis. Mudah-mudahan kita bisa mempertahankan titel juara umum di Popnas XIV. Mohon doa dan dukungan saja dari semua warga Jabar untuk perjuangan atlet pelajar kita di Popnas XIV,” pungkasnya.
(ageng/bam’s)

There are no comments yet