Ribuan Seniman Siap Sukseskan Festival Seni Bandung #1

0
13
Ilustrasi (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-207, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar festival kesenian selama sebulan penuh bertajuk Seni Bandung #1. Rencananya, festival tersebut akan digelar pada 25 September -25 Oktober 2017 tersebar di 44 lokasi di Kota Bandung.

Ketua acara Seni Bandung #1 , Iman Saleh mengatakan, ribuan seniman dari beberapa kelompok seni saat ini tengah gencar melakukan berbagai persiapan karena Festival Seni Bandung #1 nantinya tak hanya digelar di venue-venue konvensional.

Iman menyebutkan mulai tanggal 25 September mendatang para pegiat seni Kota Bandung siap berekspresi di daerah-daerah pemukiman penduduk, pinggir jalan bahkan di gang-gang perumahan.

“Saat ini para seniman mulai berproses dan melakukan reset, sudah blusukan juga. Karena kan kesuksesan acara ini tergantung pada para seniman, berkenan atau tidak mengekspresikan dirinya untuk Kota Bandung,” kata Iman melansir PRFM, Jumat (8/9/2017).

Diketahui, Festival Seni Bandung #1 akan melibatkan 2.475 orang seniman dari 156 kelompok seni. Dalam satu bulan, para seniman akan menyuguhkan 688 pertunjukan atau aktivitas seni, terdiri dari seni rupa, seni musik, seni tari, seni sastra, dan seni teater.

Iman berharap masyarakat benar-benar menghayati seni-seni yang bakal dipertunjukkan karena waktu yang disuguhkan tak sama dengan festival-festival lainnya.

“Kadang kan festival itu digelar beberapa jam, 1 hari atau paling ya dua hari. Seringkali pesannya kan tidak terbaca lengkap oleh masyarakat, kurang gitu penghayatannya. Semoga ini bisa berkenan dan masyarakat menghayatinya,” ujar Iman.

Iman juga menyebutkan, para seniman Bandung memiliki mimpi ke depannya ada sebuah acara yang memiliki regulasi yang baik dan disimpan di beberapa tempat seperti sekolah, kampus, hotel hingga tempat wisata sehingga kesenian bisa memengaruhi ekonomi, sosial dan budaya yang signifikan di lingkungan masyarakat.

(Vetra)

There are no comments yet