Komisi A Dukung Bupati Garut Tindak Tegas Kades Bermasalah

0
7

GARUT, FOKUSJabar.com : Saat ini, sejumlah Kepala Desa (Kades) tengah berurusan dengan hukum. Karenanya, Komisi A DPRD Garut mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) segera menuntaskannya.

Salah satunya, kasus yang menimpa Kades Karyajaya, Kecamatan Bayongbong. Warga setempat gelar aksi unjuk rasa karena dinilai tidak transparan dalam penggunaan anggaran dan diduga terjadi penyimpangan.

” Kami sudah menerima keluhan dari masyarakat. Termasuk laporan warga ke Kejaksaan Negeri Garut terkait dugaan penyimpangan anggaran yang dilakukan Kades Karyajaya,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Garut, Dadang Sudrajat, jumat (8/9/2017).

Politisi Partai Demokrat ini menduga, banyaknya Kades yang berurusan dengan hukum akibat lemahnya pembinaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“ Pembinaan tersebut bukan hanya dalam penggunaan anggaran saja, tapi terhadap kinerja Kades dan aparaturnya. Kami mendorong APH, segera menindaklanjuti laporan dari masyarakat,” ucap Dadang.

Dadang menyayangkan, terkait persoalan Desa. Khususnya kasus dugaan penyimpangan dan kasus pribadi Kades kerap tidak diproses dengan serius. Baik oleh Pemkab maupun APH.

Pihaknya juga akan segera memanggil Inspektorat untuk mempertanyakan sejauh mana penanganan kasus Kepala Desa yang bermasalah. Hal itu menyusul pernyataan Bupati Rudy Gunawan yang akan memberhentikan sementara Kades yang sedang berurusan dengan hukum.

“ Kami mendukung sepenuhnya langkah Pak Bupati yang akan mengambil tindakan tegas terhadap kades bermasalah,” tutup Dadang Sudrajat.

(Andian/Bam’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here