Anggota Dewan Ciamis Mulai Kembalikan Mobil Dinas ke Pemda

0
110
Anggota DPRD Ciamis menyerahkan mobil dinasnya kepada Pemerintah Daerah Ciamis, hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administrasj pimpinan dan anggota DPRD.

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Mobil Dinas Anggota DPRD Ciamis yang biasa digunakan oleh para wakil rakyat untuk bekerja, kini mulai dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten  Ciamis. Hal ini sebagai implementasi atas diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administrasj pimpinan dan anggota DPRD.

Dalam peraturan pemerintah itu, empat komponen pendapatan yang menjadi hak keuangan pimpinan dan anggota DPRD yang berjumlah sekitar 17 jenis, terbagi dalam tiga komponen utama. Yakni penghasilan, tunjangan kesejahteraan dan uang jasa pengabdian.

Petaturan baru ini otomatis menggugurkan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2004 tentang kedudukan protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD. Tunjangan-tunjangan baru yang lahir dengan adanya aturan itu diantaranya soal pemberian tunjangan transportasi.

Pemberian tunjangan transportasi ini pada akhirnya memberikan pilihan kepada anggota DPRD yang selama ini menggunakan mobil dinas. Tetap menggunakan mobil dinas atau mengembalikannya dengan kompensasi mendapatkan uang tunjangan transportasi.

Di DPRD Ciamis, Perda yang mengatur mengenai Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD itu sudah selesai dibahas dan disahkan. Sekarang masih menunggu proses evaluasi Gubernur sebelum akhirnya dijadikan Lembaran Daerah (Lemda).

Ketua Fraksi PDIP DPRD Ciamis, Ohan Hidayat menyatakan, pengembalian mobil dinas ini karena berdasarkan amanat undang-undang. Diharapkan pengembalian mobil dinas ini diikuti oleh anggota dewan lainnya.

“Untik Fraksi PDIP sekarang ini menggunaan lima kendaraan dinas. Diharapkan pengembalian mobil dinas ini dilakukan oleh anggota lainnya,” katanya.

Ohan menjelaskan, terkait kompensasi tunjangan transportasi yang akan didapat setelah mengembalikan mobil dinas, diserahkan kepada Sekretaris DPRD. Pihaknya hanya menjalankan amanah undang-undang.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Ciamis, Uga Yogaswara mengatakan, di DPRD Ciamis ada 25 unit mobil dinas jenis Toyota Rush yang digunakan oleh anggota DPRD Ciamis.

Setelah diserahkan kemudian dierima oleh instansi terkait, yakni Pengelola Aset Daerah, namun sebelumnya dilakukan pemeriksaan kondisi kendaraan, pengembalian mobil dinas berlaku untuk anggota DPRD, sementara untuk pimpinan DPRD tidak berlaku.

(Hermansyah/Yun)

There are no comments yet