Tekuk Tim Tuan Rumah 1-3, Tim Putri Majalengka ‎Lolos ke Porda Jabar XIII

0
193
Tekuk Tim Tuan Rumah 1-3, Tim Putri Majalengka ‎Lolos ke Porda Jabar XIII. (FOKUSJabar/Ageng)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tim putri Kabupaten Majalengka menjadi tim terakhir yang memastikan diri tampil di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 cabang olahraga bola voli indoor. Kepastian tersebut muncul setelah di laga terakhir babak kualifikasi Porda Jabar XIII/2018 cabang olahraga bola voli indoor Wilayah I di GOR Sabilulungan, komplek si Jalak Harupat, Soreang, Kamis (7/9/2017), berhasil mengalahkan tuan rumah, Kabupaten Bandung.

Pada laga penentuan, tim putri Kabupaten Majalengka‎ yang mengandalkan Ade Melany Querettulaeny dan Puput Dwi Meilianti tertinggal lebih dulu. Bahkan di set pertama, Ade dkk tertinggal jauh dengan skor 9-25 atas tim putri tuan rumah, Kabupaten Bandung yang mengandalkan Asyifa Fitri, Zahrani Aprilia, dan Meli Aletania ini.

Namun pada set dua, anak asuh Supri Yanto ini justru mampu bermain lebih baik dan menekan pertahanan tim Kabupaten Bandung. Spike keras Ade, Puput, dan Fregia beberapa kali mampu mencetak poin bagi Kabupaten Majalengka.

Tak hanya itu, pertahanan yang ditampilkan anak-anak Majalengka pun membuat putus asa pemain Kabupaten Bandung dalam melakukan serangan. Beberapa kali spike keras dari Zahrany, Meli, Annisa dan quick spike Asyifa berhasil diblok dan diantisipasi pertahanan Majalengka yang dikomandoi libero, Sari Marwati. Set kedua pun menjadi milik Kabupaten Majalengka dengan skor 25-18 dan menyamakan kedudukan 1-1.

‎Pada set ketiga, anak-anak Majalengka masih mendominasi jalannya laga. Sebaliknya, para pemain tuan rumah justru makin tertekan dan tampil tak lepas.

Beberapa kali, para pemain Kabupaten Bandung melakukan kesalahan sendiri dan gagal menahan serangan anak-anak Majalengka. Hasilnya, Kabupaten Majalengka berbalik unggul 2-1 setelah merebut set tiga dengan skor 25-20.

Di set keempat, penampilan anak-anak Kabupaten Bandung sebenarnya sudah mulai membaik. Spike keras dan tajam kembali diperlihatkan anak asuh Jaja ini. Namun, pertahanan yang solid pun justru ditampilkan anak-anak Majalengka sehingga beberapa kali terjadi rally.

Akhirnya, ketenangan dan kerjasama tim lebih baik yang ditampilkan anak-anak Majalengka pun berbuah manis. Spike keras Zahrany yang berhasil diblok anak-anak Majalengka dan jatuh tepat di garis lapangan Kabupaten Bandung pun menutup set empat untuk kemenangan Majalengka dengan skor 25-23. Tim putri Majalengka pun memastikan kemenangan dengan skor 3-1 atas Kabupaten Bandung, sekaligus mendampingi Kota Bekasi untuk melaju ke Porda Jabar XIII/2018 cabang olahraga bola voli indoor dari wilayah I.

Pelatih tim putri Kabupaten Majalengka, Supri Yanto menuturkan, keberhasilan timnya lolos sudah sesuai dengan target pada babak kualifikasi Porda Jabar XIII ini. ‎Kerja keras, disiplin, dan semangat yang ditampilkan anak asuhnya pun berbuah hasil yang baik dengan lolos ke Porda Jabar XIII.

“Target kita di babak kualifikasi ini memang menempati posisi runner up karena melihat kekuatan tim Kota Bekasi yang lebih baik. Kunci kemenangan kita atas tim tuan rumah Kabupaten Bandung, karena kita mampu bermain lebih lepas dan tanpa beban dibanding tim lawan. Hal itu membuat permainan tim Kabupaten Bandung‎ lebih udah dibaca,” ujar Supri usai laga, Kamis (7/9/2017).

Dengan kepastian lolos di Porda Jabar XIII, pihaknya pun akan lebih menggenjot persiapan tim. Baik dari sisi teknik, fisik hingga kekompakan tim.

“Kalau soal target di Porda Jabar XIII nanti, kita belum bicara soal itu karena calon lawan nanti pun belum kita ketahui. Kalau keinginan saya sih bisa mencapai babak empat besar, sudah cukup baik,” tegasnya.

Pelatih tim putri Kabupaten Bandung, Jaja‎ mengaku, jika anak asuhnya lepas konsentrasi pada set kedua dan seterusnya. Tak hanya itu, anak asuhnya masih minim dari sisi pengalaman bertanding.

“Yang jadi faktor utama kekalahan kami dari sisi faktor pengalaman bertanding sehingga mental bertanding pun masih labil. Saat mengalami tekanan dari lawan mereka tidak mampu bangkit dan justru malah makin menurun performanya.‎ Ini karena pemain kami masih berusia muda,” pungkas Jaja.

Sementara hasil laga lain pada hari terakhir babak kualifikasi Porda Jabar XIII/2018 cabang olahraga bola voli indoor Wilayah I, ‎Kamis (7/9/2017), tim putri Kota Bekasi versus Kota Bogor 3-0 (25-12, 25-11, 25-14), tim putra ‎Kota Depok versus Kota Bekasi 0-3 (9-25, 15-25, 17-25), tim putra Kabupaten Majalengka versus Kota Bogor 3-0 (25-17, 25-20, 25-23) dan tim putra Kabupaten Bandung versus Kabupaten Kuningan 3-0 (25-20, 25-15, 25-15)‎.

(ageng/bam’s)

There are no comments yet