Perlu Diketahui, Bukan Soal Agama Tetapi ini Alasan Dibalik Tragedi Rohingya-Myanmar

1
40

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Seperti diketahui kini tragedi Rohingya menjadi pusat dunia. Namun ternyata banyak yang belum mengetahui bahkan salah menebak alasan dibalik tragedi Rohingya-Myanmar tersebut.

Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana menjelaskan dan menegaskan alasan adanya tragedi tersebut. Ia menegaskan bahwa Agama bukanlah alasannya, melainkan ketidakjelasan status kewarganegaraan etnis Rohingya sebagai warga Myanmar selama berpuluh-puluh tahun.

“Saat ini berkembang di Indonesia seolah masalah yang terjadi terhadap etnis Rohingya sebagai masalah antaragama. Padahal masalah ini tidak berkaitan dengan agama, melainkan tidak diakuinya etnis Rohingya sebagai warga Myanmar selama berpuluh-puluh tahun,” jelas Hikmahanto Juwana, Selasa (5/8/2017), seperti dikutip dari Merdeka.

Tak hanya itu, masalah lainnya ialah Pemerintah Myanmar membiarkan adanya perlakuan tidak manusiawi aparat keamanan terhadap etnis Rohingya sehingga terjadi eksodus besar-besaran pada etnis tersebut.

Melihat tragedi tersebut, para pejabat dan tokoh dunia telah mengkategorikan hal ini sebagai ethnic cleansing dan genosida yang merupakan kejahatan internasional.

Masalah yang terjadi antara dua negara tersebut juga bukanlah masalah bilateral antara Indonesia dan Myanmar. Diketahui hubungan kedua negara baik-baik saja dan tidak ada benturan apapun.

(Vina)

1 COMMENT

  1. masalahnya cuma kenapa malah para Biksu nya ikut berperan aktif plus manas2in pemerintah. wajarnya juga cukup pemerintah yang turun tangan toh mereka punya pasukan yang cukup. Mereka sepertinya takut penyebaran Islam di Mynmar makin pesat dan mengancam ketokohan mereka.
    Sekali lagi saya tegaskan, untuk pertama kalinya dalam sejarah Kaum Biksu ikut turun membantu militer, tak seperti para Biksu di Tibet yang menyerang militer China hanya bila mereka memasuki wilayahnya saja .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here