Wow! Ternyata Bunga Kenanga Bermanfaat untuk Kesehatan

0
2162
Bunga Kenanga (Foto. web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kenanga (Cananga odorata) dibagi dua forma. Yakni, macrophylla, dikenal sebagai kenanga biasa, dan genuina, dikenal sebagai kenanga filipina atau ylang-ylang.

Bahkan, dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa) yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

Cananga odorata fa. macrophylla tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. Batang pohon kenanga lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik).

Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian, dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau.

Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi.

Ylang-ylang juga berupa pohon, tetapi tidak setinggi pohon kenanga biasa. Kenanga perdu yang biasa ditanam di halaman rumah, hanya bisa tumbuh paling tinggi tiga meter.

Kenanga biasa merupakan tumbuhan asli di Indonesia dan ylang-ylang tumbuhan asli Filipina. Kenanga lazim pula ditanam di Polinesia, Melanesia dan Mikronesia. Di Indonesia, bunga kenanga banyak menempati peran di dalam upacara-upacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan.

Sejak dulu, puteri keraton telah menggunakan minyak kenanga sebagai bahan lulur dan masker, untuk perawatan kecantikan mereka. Selain untuk melembutkan kulit dan wajah, juga bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Diantaranya:

  1. Mengatasi kulit kering Ekstrak

bunga kenanga juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan sabun, yang baik digunakan untuk mengatasi kulit kering.

  1. Menghilangkan Bau Badan

Rebus 15 gram bunga kenanga dan gula batu secukupnya bersama 600 cc air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut setengahnya. Minum airnya dengan rutin, setiap hari.

  1. Mengobati Kudis

Untuk mengatasi masalah kulit ini, gunakan bunga kenanga. Pertama, tumbuk 50 gram bunga kenanga kemudian panaskan bersama minyak goreng selama beberapa saat. Oleskan ramuan ini pada kulit yang bermasalah.

  1. Mengobati Keputihan

Banyak wanita yang bermasalah dengan keputihan. Jangan panik, cobalah untuk mengatasi gangguan tersebut dengan air rebusan bunga kenanga dan kulit buah delima. Minum ramuan alami ini, tiga kali dalam sehari.

  1. Mengurangi Stres

Bunga kenanga mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan untuk bahan aromaterapi. Minyak atsiri diyakini mampu untuk memperbaiki mood (suasana hati), mengurangi gelisah, dan meredakan stres.

  1. Mengobati Bronkitis

Untuk mengatasi peradangan pada saluran nafas (bronkitis), buatlah ramuan alami berbahan bunga kenanga. Caranya, rebus bunga kenanga dan umbi bunga lili yang dikeringkan ke dalam panci berisi air bersih. Tunggu hingga air tersisa setengah dari semula. Minum airnya selagi hangat, dua kali dalam sehari.

  1. Mengatasi Gangguan Saluran Kemih

Sediakan bunga kenanga, daun sambiloto, daun kumis kucing, dan daun sendok. Masing-masing sebanyak 30 gram. Rebus empat bahan ini bersama seliter air hingga menyisakan ½ liter air saja. Minum airnya, di pagi dan sore hari.

  1. Mengobati Batuk

Untuk mengatasi batuk rejan (pertusis), sediakan bunga kenanga, kulit jeruk mandarin dan umbi bunga lili yang sudah dijemur sebelumnya. Rebus semua bahan dengan air bersih secukupnya. Biarkan air menyusut setengahnya, minum selagi hangat.

  1. Mengobati Gejala Hepatitis

Untuk mengatasi gejala hepatitis, sediakan 30 gram bunga kenanga, 15 gram bangle dan 20 gram temulawak. Rebus bersama 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, minum saat hangat.

(Bambang Fouristian/Net)

There are no comments yet