Ini Loh Manfaat Bunga Mawar bagi Kesehatan

0
2042
Bunga Mawar (Foto. web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Mawar adalah jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah.

Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Diantara warna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Bunga Mawar bermanfaat mengurangi jerawat di wajah dengan cara mencuci wajah dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan bunga mawar. Bersihkan wajah hingga wajah Anda terlihat bersih dan cerah. Lakukan kebiasaan baik ini paling tidak seminggu 3 kali dengan teratur.

Selain itu bermanfaat sebagai obat. Diantaranya:

  1. Mengobati Batuk Kering

Batuk kering yang menahun bisa Anda sembuhkan dalam waktu sekejap menggunakan bunga mawar. Anda cukup menyiapkan beberapa kuntum bunga mawar yang telah kering, kemudian mencampurnya dengan gula batu. Tim kedua bahan hingga sari air keluar. Minum ketika hangat.

  1. Mengatasi Bengkak di Kaki

Saat kaki Anda mengalami pembengkakan, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bunga mawar. Caranya ambil 1 kuntum mawar, dan 40 gram daun sembung. Cuci bahan hingga bersih dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga air rebusan tersisa satu gelas. Minum ramuan ini 2 kali dalam sehari setelah makan.

  1. Manfaat Mawar untuk Kulit

Bagi kaum wanita, tentu ada beberapa bagian tubuh seperti betis, leher, dan lengan bawah tidak luput dari perhatian. Agar kondisi kesehatan dari bagian tubuh ini tetap terjaga, Anda harus melakukan perawatan. Salah satunya dengan menggunakan air mawar. Air mawar berguna sebagai penyeimbang sabun dan PH pada kulit. Anda bisa membuat air mawar ini sendiri.

Caranya dengan merebus kelopak bunga mawar dengan menggunakan api yang kecil, kemudian suling airnya. Air sulingan mawar inilah yang sering disebut sebagai air mawar.

(Bambang Fouristian/Net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here