Inilah 8 Manfaat Salak bagi Bumil

0
426
Buah Salak (Foto. web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Salak dikenal juga sebagai sala (Min., Mak., Bug., dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit.

Sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Salak ditemukan tumbuh liar di Jawa bagian Barat Daya dan Sumatra bagian Selatan. Akan tetapi, asal usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku.

Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.

Berikut beberapa manfaat buah Salak untuk Ibu Hamil (Bumil):

  1. Antioksidan

Salah satu manfaat buah salak untuk Bumil sebagai antioksidan. Hal itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya selama menjalani kehamilan.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dan tiamin pada buah salak sangat efektif untuk mencegah penyakit Anemia, khususnya Bumil. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi berperan penting dalam membantu pembentukan hemoglobin.

  1. Menjaga kesehatan

Kandungan vitamin dan fitonutrien pada salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Kandungan vitamin pada buah salak sangat efektif untuk melawan infeksi penyakit.

  1. Menjaga kesehatan Jantung

Manfaat buah salak untuk Bumil lainnya untuk menjaga kesehatan jantung dan detak jantung. Hal ini karena buah salak mengandung kalium.

  1. Mencegah Obesitas

Kandungan serat pada buah salak sangat efektif untuk menjaga berat badan ideal pada waktu hamil. Salak bisa dijadikan sebagai salah satu makanan untuk diet sehat pada waktu hamil.

  1. Meningkatkan Memori Janin

Buah salak memiliki kandungan pektin tinggi. Pektin merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam membentuk kecerdasan, memori dan perkembangan janin.

  1. Pembentukan Tulang Janin

Buah salak ternyata memiliki kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan tulang janin. Disamping itu, mengonsumsi buah salak sangat berguna menjaga stamina dan kesehatan ibu hamil.

  1. Mengatasi gangguan asam lambung

Pada trimester pertama biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness akibat dari peningkatan hormone reproduksi yang menyebabkan asam lambung naik. Untuk mengatasi hal tersebut, mengonsumsi buah salak adalah salah satu solusinya. Namun, konsumsi buah salak secukupnya dan jangan berlebihan.

(Bambang Fouristian/Net)

There are no comments yet