Manfaat Wortel Mentah untuk Kesehatan Tubuh

0
286
foto web

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar. Berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m dengan bunga berwarna putih dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan umbi atau akarnya.

Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Pada wortel mentah hanya 3 persen β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan. Proses ini dapat ditingkatkan hingga 39 persen melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit.

Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Jadi, jika anda mengonsumsi wortel khususnya mentah, selain memenuhi kebutuhan vitamin A, anda juga bisa memperoleh manfaat nutrisi lainnya.

Berikut berbagai manfaat yang bisa anda dapat dari wortel mentah:

  1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Wortel sudah dikenal sebagai sumber makanan yang dapat menyehatkan indera penglihatan. Wortel mentah mengandung banyak sekali vitamin A yakni sekitar 16.706 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia.

Selain itu wortel juga mengandung banyak beta carotene yang nantinya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam hati kita.

Vitamin A selanjutnya diubah ke dalam bentuk rodopsin di dalam retina. Rodopsin ini merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk dapat melihat ketika malam hari.

  1. Membantu Pencegahan Penyakit Kanker

Berbagai penelitian menunjukan jika wortel mentah terbukti dapat membantu menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara hingga kanker paru – paru. Penelitian terbaru bahkan menunjukan jika wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk ke dalam zat anti kanker.

Falcarinol sendiri merupakan sejenis pestida alami yang dihasilkan oleh wortel guna melawan penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur.

  1. Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

  1. Membantu Menyehatkan Kulit

Tingginya vitamin A dan juga anti oksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Kerusakan kulit tersebut juga termasuk keriput, noda hitam, warna kulit tidak merata, jerawat, kulit kering maupun pigmentasi kulit. Hal – hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin A.

  1. Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka anda.

  1. Menyehatkan Kulit dari Luar

Ingin kulit sehat secara alami? Wortel mentah dapat menjadi alternatif masker yang harganya terjangkau sekaligus efektif untuk membuat kulit lebih sehat dari luar. Cukup dengan mencampurkan wortelyang sudah diparut dengan madu secukupnya, maka masker alami, aman, dan menyehatkan sudah bisa anda aplikasikan pada wajah anda.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung caretonoids dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Caretonoids sangat erat kaitannya dengan dengan pencegahan penyakit jantung ini. Dan wortel tidak hanya mengandung caretonoids tetapi juga sekaligus mengandung beta carotene, alpha carotene serta lutein.

  1. Menurunkan Kolesterol

Secara teratur mengonsumsi wortel, khususnya wortel mentah dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah. Ini karena wortel mengandung serat yang mudah dicerna yang mampu mengikat kolesterol jahat.

  1. Detoks Alami

Wortel dapat menjadi alternatif detoks yang ampuh. Wortel dapat membantu kerja hati dalam membersihkan racun di dalam tubuh. Kolesterol jahat sekaligus lemak juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi wortel.

  1. Menyehatkan Gigi dan Gusi

Tidak ada makanan lain yang mampu menyehatkan sekaligus menyehatkan gigi dan gusi selain wortel, khususnya wortel mentah. Ya, dengan mengunyah wortel mentah plak, karang gigi maupun bakteri pembuat gigi berlubang dapat dibersihkan.

Wortel mentah berfungsi sebagai pasta gigi sekaligus sikat gigi yang memicu produksi saliva yang banyak yang berfungsi sebagai alkalin. Alkalin sendiri berfungsi untuk menyeimbangkan asam di dalam mulut dan bakteri pembentuk lubang pada gigi.

Sedangkan kandungan mineral dalam wortel mentah berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi.

  1. Mencegah Stroke

Penelitian di Universitas Harvard menunjukan jika orang yang mengonsumsi lebih dari enam buah wortel mentah dalam satu minggu memiliki resiko stroke jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi wortel satu buah wortel dalam sebulan.

(Bambang Fouristian/Net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here