Dampak Musim Kemarau di Tasik Sudah Terasa, BPBD Siap Antisipasi

0
64
Antisipasi Kekeringan di musim kemarau (fokusjabar/Seda)

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.com: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya H Soni Sudrajat mengatakan, wilayah Kota Tasikmalaya sudah memasuki musim kemarau dari sejak  Juni  dan musim kemarau akan terus berlanjut sampai  Nopember.

”Musim kemarau sudah terasa, tapi  kebutuhan air bersih masih tersedia dan terkendali artinya masih batas aman dan normal,”ujar Soni.

Menurut Soni  musim kemarau kali ini  tidak terlalu parah seperti yang pernah terjadi di tahun 2015 lalu, dimana waktu itu sama sekali kering tanpa ada sesekali hujan sehingga menimbulkan berbagai dampak dalam sendi kehidupan masyarakat.

”Musim kemarau saat ini masuk dalam kategori kemarau basah karena sesekali ada panas sewaktu-waktu juga turun hujan, kemarau ini juga dipengaruhi terjadinya perubahan iklim dibenua Australia,” terang H.Soni.

Lanjutnya, musim kemarau sekarang tidak berdampak elnino seperti tahun 2015 silam, masih sesekali hujan cuaca tidak terlalu panas dan tidak terlalu berdampak terhadap struktur tanah di Kota Tasikmalaya,”kondisi lahan pertanian saat ini masih normal termasuk ketersediaan air bagi masyarakat masih mencukupi, dan muda-mudahan musin kemarau ini tidak berlangsung lama,”tuturnya.

Pihaknya pun berharap, masyarakat tetap menjaga lingkungan dan kesehatan dalam kondisi kemarau sekarang, dan BPBD pun siap siaga dalam menanggulangi bilamana terjadi sesuatu.

”Semuanya telah kita koordinasikan dengan Dinas terkait dalam menghadapi kondisi kemarau sekarang, khususnya pengontrolan pendistribusian air bersih untuk masyarakat dan berharap musim kemarau ini bisa dilalui dengan aman,” pungkasnya.

(Seda)

There are no comments yet