8 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

0
355
Buah Tomat (Foto. web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan dari Meksiko sampai Peru.

Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid. Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/).

Berikut manfaat Tomat yang Terbukti Ilmiah:

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit ganas ini dapat dicegah dengan mengonsumsi buah tomat. Karena antioksidan yang terkandung di dalam buahnya mampu menetralisir racun-racun.

  1. Memelihara Kesehatan Mata

Seperti yang kita ketahui gangguan pada penglihatan sudah menjadi fenomena yang tidak sedikit dialami oleh setiap orang. Pada penderita mata minus sangat dianjurkan untuk menikmati buah tomat dalam proses mencegah bertambahnya tingkat keminusan karena mengandung asam folat, niacin dan thiamine.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Kandungan gula darah dalam tubuh tidak boleh melebihi batas wajar. Karena bisa menimbulkan risiko penyakit diabetes. Dalam rangka untuk menstabilkan gula darah dapat dilakukan dengan cara konsumsi tomat secara rutin.

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Terkadang kita malas untuk minum suplemen dalam memenuhi kebutuhan harian dengan vitamin. Hal ini dapat diatasi dengan cara memakan buah tomat yang segar. Tomat ini mampu memberikan 20 persen kebutuhan gizi harian yang diperlukan untuk tubuh kita.

Selain itu, nutrisi yang terkandung juga sangat berguna untuk organ-organ agar berfungsi dengan baik.

  1. Mengatasi Kerusakan Sel

Ketika sel sedang mengalami kerusakan, tentunya kulit akan bermasalah. Biasanya ditandai warna kemerahan pada kulit dan dapat menyebabkan kerutan. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara konsumsi minimal 16 miligram likopen yang terdapat dalam buah tomat disetiap harinya.

  1. Mengurangi Kadar Lemak

Kelebihan lemak dapat menyebabkan obesitas, sehingga dapat meningkatkan berat badan. Selain itu, kelebihan lemak juga dapat menyebabkan serangan darah tinggi. Mengurangi lemak dapat dilakukan dengan cara memakan buah tomat karena mengandung protein, karbohidrat dan kalori.

  1. Menstabilkan Kerja Jantung

Tanpa kita ketahui bahwa dalam sepotong ukuran tomat yang berukuran sedang ternyata memiliki 235 mg kalium. Fungsi dari kandungan zat tersebut adalah sangat berguna untuk mengontrol sistem kerja jantung saat sedang memompa darah.

Sehingga, fungsi kerja jantung dapat berjalan stabil dan kita bisa terbebas dari penyakit serangan jantung ataupun stroke.

  1. Memelihara Tulang Tetap Kuat

Dalam proses pembentukan tulang kalsium sangatlah diperlukan untuk mendapatkan perkembangan tulang yang baik. Tomat dapat digunakan juga untuk mencegah osteoporosis atau yang sering kita kenal dengan istilah penyakit tulang keropos.

(Bambang Fouristian/Net)

There are no comments yet