Kemiri Dipercaya sebagai Obat Alternatif

0
299
Kemiri (Foto. web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kemiri (Aleurites moluccana) adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.

Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat.

Tidak diketahui dengan tepat asal-usulnya, tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara hingga Polinesia dan Selandia Baru.

Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri (Bat.), kemili (Gayo), kemiling (Lamp.), buah kareh (buah keras, Mink. Nias), kaminting (Bjn, Day.). Juga muncang (Sd.).

Kemiri sekarang tersebar luas di daerah-daerah tropis. Tanaman ini adalah tumbuhan resmi negara bagian Hawaii.

Berikut manfaat Kemiri untuk pengobatan alternatif:

  1. Mengobati disentri : kulit batang kemiri sebanyak 10 gram direbus dengan air sebanyak 400 cc, kemudian tunggu sampai tersisa setangahnya. Minum ramuan selagi hangat.
  2. Meredakan sakit gigi – Getah batang kemiri sebanyak 3 tetas di balurkan pada gigi yang sakit. Lakukan 3 kali seminggu.
  3. Mengatasi sariawan – getah batang kemiri diambil secukupnya lalu beri santan sedikit kemudian campur rata. Balur tipis ramuan ini pada bagian yang sariawan.
  4. Demam pada anak – Beberapa tetes minyak kemiri rebus dengan air secukupnya, kemudian tambahkan 15 gram akar pulutan. Rebus sampai mendidih, lalu minumkan ramuan selagi hangat.

Beberapa alternatif kemiri untuk pengobatan ini dapat digunakan untuk pertolongan awal terhadap penyakit tersebut. Namun sejauh ini belum ada studi klinis yang meyakinkan telah dilakukan pada efek kemiri pada manusia.

(Bambang Fouristian/Net)

There are no comments yet