Ini Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan Anda

0
195
Daun Katuk (Foto. web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Katuk (Sauropus androgynus) merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai  (bahasa Tionghoa), cekur manis (Melayu) dan rau ngót (Vietnam).

Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran Air Susu Ibu (ASI).

Semak setinggi 2-3 meter, tumbuh di dataran rendah hingga 1.300 di atas permukaan laut. Daun kecil berwarna hijau gelap dengan panjang lima sampai enam cm. Bunganya berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap dan berbunga sepanjang tahun.

Tumbuhan ini termasuk dalam suku menir-meniran (Phyllanthaceae) dan berkerabat dengan Menteng, Buni dan Ceremai serta termasuk dalam tribus Phyllantheae dan Flueggeinae.

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Daun katuk dapat mencegah osteoporosis, kalsium yang terdapat di dalamnya cukup baik, cocok untuk dikonsumsi oleh kaum perempuan yang tidak ingin terkena osteoporosis
  2. Efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.
  3. Mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala pemyakit anemia.
  4. Sebagai sumber manfaat vitamin A yang diperlukan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.
  5. Daun katuk dapat mengandung hampir 7 persen protein dan serat kasar sampai 19 persen. Daun ini juga kaya akan vitamin K. Selain pro-vitamin a (beta karoneta), b dan c.
  6. Kandungan kalori, protein dan karbohidrat daun katuk hampir setara dengan manfaat daun papaya dan daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya lebih tinggi dari pada kedua jenis daun tersebut.
  7. Daun katuk juga kaya akan vitamin a, b1 dan c. Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin, dan alkaloid papaverin berpotensi sebagai bahan obat alami.
  8. Baik untuk kesehatan pria. Dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitaslitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.

(Bambang Fouristian/Net)

There are no comments yet