Manfaat Kemangi untuk Kulit dan Rambut

0
28
foto web

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes.

Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand, Kemangi dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan.

Kemangi adalah hibrida antar spesies dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum.

Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Berikut manfaat Kemangi untuk kesehatan rambut dan kulit:

  1. Pencegahan Jerawat

Mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.

  1. Pencegahan Komedo

Daun kemangi juga mencegah munculnya komedo. Pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka.

  1. Pengobatan Infeksi Kulit

Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti sehingga daun kemangi dapat membatasi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit.

Giling dan rebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

  1. Mencegah Rambut Beruban

Rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air selama satu malam. Lalu cuci rambut dengan ramuan ini. Hal tersebut untuk mencegah rambun beruban serta rambut rontok.

  1. Pencegahan Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

  1. Memperlancar aliran darah
  2. Mencegah kemandulan
  3. Mengobat Sariawan
  4. Mengobati Panu
  5. Mengurangi bau keringat

(Bambang Fouristian/Net)

There are no comments yet