Atlet SEA Games 2017 dan eks PON XIX Jadi Prioritas KONI Kota Bandung

0
93
Kejurnas Atleetik (Foto. Ageng)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Atlet eks Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 serta atlet SEA Games XXIX/2017, akan menjadi atlet prioritas utama dukungan yang diberikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung dalam menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018. Atlet tersebut dinilai telah memperlihatkan prestasi mereka dan diprediksi menjadi tulang punggung peraih medali emas bagi kontingen Kota Kembang.

Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kota Bandung, Nuryadi menuturkan, pihaknya sudah melakukan pemetaan nomor di setiap cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porda Jabar XIII berdasarkan pada hasil di PON XIX/2016. Dari hasil pemetaan tersebut, terkumpul sekitar 285 atlet eks PON XIX asal Kota Bandung yang berpeluang meraih medali emas di ajang multieven olahraga tingkat Jabar tersebut.

“Sebanyak 285 atlet eks PON XIX tersebut, termasuk juga atlet yang saat ini membela Indonesia di SEA Games 2017. Dari 285 atlet tersebut, kita sudah prediksi bisa meraih setidaknya 170 medali emas yang kita targetkan di ajang Porda Jabar XIII,” ujar Nuryadi saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Rabu (16/8/2017).

Nuryadi mengaku jika pihaknya akan melakukan perhitungan ulang berdasarkan dari hasil babak kualifikasi Porda Jabar XIII yang dilakukan cabang olahraga mulai September 2017 mendatang. Untuk itu, tidak menutup kemungkinan prediksi raihan medali emas kontingen Kota Bandung di ajang Porda Jabar XIII tersebut mengalami peningkatan maupun penurunan.

“Ini terkait juga dengan beberapa ketentuan yang diterapkan cabang olahraga termasuk di batasan usia atlet. Dan ini memberikan pengaruh yang signifikan,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Nuryadi, pihaknya sudah menerima pengajuan nama-nama atlet dari setiap pengurus cabang olahraga untuk masuk dalam kerangka tim bayangan Porda Jabar XIII Kota Bandung. Pada pengajuan tersebut, jumlah atlet yang disampaikan cabang olahraga masih berada diatas 100 persen.

“Hingga saat ini, jumlah atlet yang didaftarkan cabang olahraga ke KONI Kota Bandung sudah mencapai 1500 lebih dan itu belum termasuk 14 cabang olahraga yang masih dilakukan pengkajian lebih lanjut oleh KONI Jabar dan PB Porda Jabar XIII. Jadi sudah sangat melebihi jumlah atlet yang kita target masuk dalam komposisi tim pelatcab bayangan Porda Jabar XIII Kota Bandung yakni sebanyak 1300 atlet,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya masih memahami terkait jumlah atlet yang diajukan cabang olahraga karena masih mencari yang terbaik untuk diturunkan di babak kualifikasi. Untuk itu, pihaknya punya keyakinan jika jumlah atlet tersebut akan mengalami penyusutan dengan sendiri.

“Nanti akan menyusut melalui mekanisme promosi degradasi di cabang olahraga bersangkutan, juga melalui babak kualifikasi. Termasuk dengan kebijakan yang diambil KONI Kota Bandung yang hanya akan mengirimkan atlet yang berpeluang meraih medali di Porda Jabar XIII. Jadi kemungkinan besar akan menyusut hingga 800-an atlet atau tidak lebih dari 1000 atlet,” tegasnya.

(ageng/bam’s)

There are no comments yet