Menlu RI Minta Malaysia Jamin Hak Kekonsuleran Siti Aisyah

0
49

MALAYSIA, FOKUSJabar.com : Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, meminta Malaysia menjamin hak kekonsuleran Siti Aisyah, warga Indonesia terdakwa kasus dugaan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Mengutip CNN, permintaan itu diutarakan Retno saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Malaysia, Anifah Aman, di Kemlu RI, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

“Bu Retno memohon pada saya untuk menjamin akses konsuler bagi warga Indonesia yang sekarang menghadapi masalah hukum melalui masalah yang sedang kita hadapi dengan pihak Korea Utara,” tutur Anifah di hadapan Retno dan wartawan.

Siti Aisyah tengah menghadapi proses hukum di Negeri Jiran bersama tersangka lainnya asal Vietnam, Doan Thi Huong. Mereka dituduh bersekongkol membekap wajah Jong-nam dengan racun kimia VX saat sedang menunggu penerbangan di Bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari lalu.

Tim KBRI Kuala Lumpur bersama dengan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal juga sudah beberapa kali bertemu Siti untuk memastikan kondisi dan hak-hak perempuan itu terpenuhi selama masa penahanan.

“Tim pengacara kita juga terus mempelajari guna membentuk strategi pembelaan. Kami juga tetap memegang prinsip praduga tak bersalah sebelum hakim benar-benar bisa membuktikan,” tutur Retno di Jakarta sekitar akhir Mei lalu.

Siti sebelumnya mengaku dijebak. Saat melakukan aksinya, Siti mengira ia mengikuti satu program usil di televisi.

(Agung/Yun)

There are no comments yet