KONI Kota Bandung Akan Dukung Langsung Perjuangan Atletnya di SEA Games XXIX

0
17
Ketua Umum KONI Kota Bandung, Aan Johana. (Dok. FOKUSJabar.com)

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung akan melakukan peninjauan secara langsung perjuangan atlet asal Kota Bandung di ajang SEA Games XXIX yang akan digelar Agustus 2017 ini di Malaysia. Jajaran pengurus KONI Kota Bandung akan memberikan motivasi secara langsung di arena SEA Games XXIX/2017 bersama pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung dan DPRD Kota Bandung.

Ketua Umum KONI Kota Bandung, Aan Johana menuturkan, kontingen tim nasional Indonesia yang akan berlaga di SEA Games XXIX/2017 asal Kota Bandung berjumlah sebanyak 50 orang. Mereka terdiri dari 40 atlet, tujuh pelatih dan tiga orang wasit/juri.

Total kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang SEA Games XXIX/2017 sendiri berjumlah sekitar 755 orang yang terdiri dari 534 atlet, 166 ofisial dan 55 perangkat pendukung. Di ajang multieven olahraga se-Asia Tenggara tersebut, Indonesia mengincar target peningkatan prestasi dibandingkan SEA Games dua tahun lalu yang bertengger di posisi lima dengan koleksi 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

“Jumlah kontingen Indonesia untuk SEA Games XXIX asal Jabar sendiri mencapai sekitar 161 orang dan 50 diantaranya berasal dari Kota Bandung dari total 14 cabang olahraga yang diikuti Indonesia. Kita berharap ke-50 orang yang masuk dalam kontingen Indonesia untuk SEA Games XXIX asal Kota Bandung ini bisa memberikan kontribusi positif bagi pencapaian prestasi olahraga nasional,” ujar Aan saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Senin (7/8/2017).

Untuk meningkatkan motivasi para atlet saat berlaga di multieven dua tahunan tersebut, lanjut Aan, pihaknya akan melakukan peninjauan secara langsung ke Malaysia. Rencananya, jajaran pengurus harian KONI Kota Bandung akan menuju negeri jiran bersama dengan pihak eksekutif dan legislatif.

“Rencananya dari pihak eksekutif diwakili oleh Kepala Dispora Kota Bandung, Dodi Ridwansyah dan dari pihak legislatif oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Isa Subagja. Kalau tidak ada aral melintang, kita akan berangkat di pertengahan Agustus ini,” tambahnya.

Selain melakukan monitoring perkembangan atlet asal Kota Bandung di ajang SEA Games XXIX, pihaknya pun akan memberikan motivasi langsung berupa ‘uang cendol’ kepada anggota kontingen Indonesia asal kota Kembang ini. Bahkan bukan tidak mungkin, pihaknya memberikan bonus secara langsung jika si atlet yang bersangkutan berhasil meraih medali di ajang multieven olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

“Para atlet Kota Bandung yang akan berlaga di SEA Games 2017 ini pun merupakan atlet yang menjadi kekuatan inti Kota Bandung pada ajang Porda Jabar pada tahun 2018 nanti di Kabupaten Bogor. Mereka diantaranya dari cabang olahraga bulutangkis, boling, pencak silat, bola voli, bola basket, renang, loncat indah, dan renang indah,” pungkasnya.

(ageng/bam’s)

There are no comments yet