Bank bjb – IPB Jalin Kerjasama - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Minggu, 23 Juli 2017
Search

Bank bjb – IPB Jalin Kerjasama

BOGOR, FOKUSJabar.com : bank bjb dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait layanan perbankan, penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Persaingan bisnis perbankan yang kian kompetitif, menuntut para bankir bekerja ekstra keras dengan membuat berbagai program inovasi. Targetnya mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Mereka yang tidak membuka diri dan bertahan dengan program konvensional, tentu akan tergilas oleh kerasnya persaingan bisnis.

Namun bagi perusahaan yang mau membuka diri dan menganggap masyarakat adalah aset, akan menikmati hasil yang memuaskan. Seperti halnya yang dilakukan bank bjb. Bahkan, bank yang awalnya memulai dari bank pembangunan daerah, kini mampu melejit, bahkan masuk jajaran 14 bank terbesar nasional.

Salah satu bukti kerja sama itu, dengan  ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) antara bank bjb dengan IPB. IPB adalah kampus terbesar dan bergengsi yang berada di Bogor, Jawa Barat. Kerja sama dengan pihak kampus tidak hanya dengan IPB saja, sebelumnya bank bjb juga telah menyepakati kerja sama dengan beberapa kampus besar berskala nasional lainnya.

Penandatanganan MoU antara bank bjb dengan IPB dilakukan dilakukan di Gedung Rektorat Institut Pertanian Bogor yang dilakukan oleh Dirut bank bjb Ahmad Irfan dan Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto, M.Sc. Turut hadir jajaran direksi bank bjb serta pejabat rektorat IPB lainnya.

Inti dari MoU tersebut yaitu pemanfaatan layanan perbankan yang berkaitan dengan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lebih spesifik lagi dari kerja sama itu adalah memberikan produk, jasa dan layanan perbankan dalam rangka mendukung tri dharma perguruan tinggi.

Penandatanganan ini merupakan payung dari kerja sama dan sinergi bisnis yang akan dijalankan antara bank bjb dengan pihak Institut Pertanian Bogor yang akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama yang lebih spesifik.

“Tentunya kami ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu dari IPB atas dukungannya kepada kami bank bjb. Sungguh suatu kebanggaan bagi kami bank bjb untuk dapat bekerja sama dengan IPB, salah satu institusi terbaik yang ada Indonesia dan tentunya salah satu perguruan tinggi yang menjadi kebanggaan masyarakat di Jawa Barat,” kata Ahmad Irfan dalam sambutannya.

Menurut dia, IPB bukanlah hal yang baru bagi bank bjb. Dia mengaku telah bertetangga sejak lama. Bahkan salah satu direksi yang ikut hadir pada penandatanganan MoU itu adalah alumnus IPB, ibu Fermiyanti.

“Sedikit bercerita beberapa waktu lalu, begitu kami mendengar bahwa akan dilakukan penandatanganan MoU dengan IPB, kami dari manajemen menyetujui untuk segera direalisasikan. Karena memang reputasi IPB yang memang sudah sangat baik,” beber dia.

Pada kesempatan tersebut, Ahmad Irfan pun kembali menyampaikan keberhasilan bank bjbselama ini. Di mana saat ini bank bjb adalah bank dengan urutan ke-14 dari 118 bank yang ada di Indonesia. Saat ini, total aset bank bjb berada di kisaran Rp100 triliun.

Dia pun memaparkan sejumlah penghargaan yang telah di terima bank bjb dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah terpilihnya saham bank bjb sebagai “The Best Small Cap” dari Finance Asia Hong Kong tahun lalu. “Ini membuktikan bahwa kami juga sudah mulai dikenal di luar negeri,” timpal Ahmad Irfan.

Dia pun meyakinkan, dari sisi jaringan, bank bjb kini sudah merambah ke kancah internasional. Bahkan, bulan lalu bank bjb baru saja melakukan soft launching kerja sama dengan visa, di mana kini kartu debit bank bjb sudah bisa digunakan di Saudi Arabia.

“Dari segi fitur dan produk, kami sudah cukup bersaing dengan bank-bank tetangga lainnya. Untuk itu, kami siap melayani IPB, karena banyak produk-produk perbankan kami yang dapat di eksplorasi sesuai dengan kebutuhan dari IPB,” imbuhnya.

Dilakukannya kerja sama dengan IPB tentu membawa efek positif bagi kedua belah pihak. Sejumlah skema kerja sama lainnya bisa dilakukan di kemudian hari. Beberapa potensi yang bisa didapat atas kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor antara lain:

Penerimaan pembayaran mahasiswa (bjbEdupay).
Pemberian fasilitas kartu ATM co-brandingbagi mahasiswa.
Pengelolaan keuangan dalam bentuk penempatan deposito maupun giro.
Kerja sama optimalisasi pemberian fasilitas kredit konsumtif (KGB) untuk para pegawai Institut Pertanian Bogor.
Pemberian jasa perbankan lainnya (payroll, DPLK)

(HW)










Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Babak I : Persib dan Persija Sama Kuat

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Babak pertama pertandingan pekan ke-16 Persib Bandung dan Persija Jakarta berakhir imbang 1-1, Maung Bandung mampu unggul lebih dahulu melalui...

Selengkapnya
Parapedagang pasar limbangan (Foto: Andian)

Pedagang Pasar Limbangan Tuntut Bupati Garut Putus Kontrak PT Elva

GARUT, FOKUSJabar.com : Proyek pembangunan revitalisasi Pasar Modern Limbangan, yang dilakukan oleh PT. Elva Mandiri masih menyisakan permasalahan terus menjadi...

Selengkapnya
Sekjen DPP PDIP Hasto Kritiyanto (Foto:LIN)

PDIP Siapkan Tiga Nama di Pilgub Jabar 2018

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengaku bahwa pihaknya sudah memiliki tiga nama yang disiapkan untuk bursa calon...

Selengkapnya
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristanto saat memaparkan strategi Menghadapi Pilgub Jabar 2018 (Foto: LIN)

Ini Skenario PDIP Menangkan Pilgub Jabar 2018

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengusung paket calon dari eksternal dan internal partai di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar...

Selengkapnya

Ditawari Pemain Asing, Ini Kata Umuh

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Mengarungi putaran kedua Kompetisi Liga 1 2017, Persib prioritaskan berburu striker asing. Beberapa agen pemain pun mulai menyodorkan nama ke...

Selengkapnya

Djanur Doakan Persib Menang Lawan Persija

MAJALENGKA, FOKUSJabar.com: Resmi mundur dari kursi pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman (Djanur) tetap mendoakan agar tim kebanggaan warga Jawa Barat itu menang...

Selengkapnya

Dikabarkan Diusung Partai untuk Pilgub Jabar, Ini Kata Aa Gym

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Ustad kondang KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)mengaku telah mendapatkan kabar bahwa dirinya diusung oleh salahsatu partai untuk Pemilihan...

Selengkapnya

Persib Siap Akhiri Catatan Positif Persija di GBLA

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Caretaker Persib Bandung Herrie Setyawan (Jose) sudah mempersiapkan tim Maung Bandung untuk menghadapi Persija Jakarta pada pertandingan...

Selengkapnya

Prediksi Susunan Pemain Persib dan Persija

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Persib Bandung dipastikan akan menurunkan skuad terbaiknya saat menjamu Persija Jakarta pada laga kandang Kompetisi Liga 1 2017 di Stadion...

Selengkapnya

Garam Menghilang, Pengusaha Tahu Garut Turunkan Produksi

GARUT, FOKUSJabar.com : Seminggu terakhir ini terjadi kelangkaan salah satu Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas), Garam. Kendatipun ada harganya melambung tinggi. Hal...

Selengkapnya