Tingkatkan UMKM, Artha Graha Kerjasama dengan Akumandiri Berikan Kredit - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Jumat, 26 Mei 2017
Search

Tingkatkan UMKM, Artha Graha Kerjasama dengan Akumandiri Berikan Kredit




MALANG, FOKUSJabar.com : Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Indonesia Akumandiri kerjasama dengan PT Bank Artha Graha International, Tbk., dalam pemberian kredit bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bank Artha Graha mendukung kegiatan Akumandiri sebagai Bapak Angkat Fasilitas Permodalan KUR Mikro dari Bank Artha Graha International.

Perwakilan Bank Artha Graha International Cabang Surabaya Executive Officer MSE, Selvy Hutomo menyampaikan, Bank Artha Graha International sangat mendukung dan men-support kegiatan Akumandiri sebagai bentuk Pengentasan UMKM yang lebih baik.

“Kami sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam menopang Pengusaha Mikro Kecil (PMK) dalam peningkatan ekonomi daerah,” kata Selvy Hutomo.

Program tersebut juga sesuai dengan pilar ke-4 Artha Graha Peduli yaitu pemberdayaan masyarakat, bisa diartikan Bank Artha Graha peduli untuk menambah lapangan pekerjaan.

“Dan peningkatan keahlian serta keterampilan PMK dalam rangka peningkatan kesejahteraan UMKM sehingga ekonomi daerah juga meningkat,” tuturnya.




Sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut, baru-baru ini telah dilaksanakan Akad Kredit di Kantor PT. Bank Artha Graha International, Tbk Cabang Surabaya, Jalan Karet Surabaya,  Senin (15/5/2017).

Dalam akad kredit tersebut, hadir UMKM anggota Akumandiri Kabupaten Malang dalam pengikatan yang didampingi langsung oleh Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri, Hermawati Setyorinny.

“Kerjasama penyaluran kredit usaha rakyat untuk mikro kecil menengah ini diperuntukan bagi IUMKM anggota Akumandiri di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Menurutnya, benefit sebagai anggota Akumandiri, salah satunya adalah fasilitas permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk usaha mikro ini mencapai Rp25 juta dengan bunga KUR sebesar 9% tanpa agunan.

“Perwakilan atau pengurus di wilayah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia bisa mengajukan dana ini,” terangnya.

Wanita yang akrab disapa Rinny ini juga mengucapkan selamat bagi anggota Akumandiri yang sudah mendapatkan bantuan program pemerintah melalui fasilitas Akumandiri.

Ia meminta agar dana tersebut benar dipakai untuk usaha, sehingga kesejahteraan ekonomi semakin baik untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Wajib bayar tepat waktu ya, jangan sampai telat. Karena nilai diri kita bisa diukur dari ketepatan waktu dan ketepatan janji,” tandasnya.

Kepada Pengurus DPD Akumandiri Malang, Rinny juga menegaskan agar bersama-sama memantau, membina dan mendampingi anggota sampai pinjaman lunas.

“Kalau membantu ya jangan UMKM disuapin, tapi ajarkan mereka tanggung jawab pada dirinya, kewajibannya dan hasil usahanya atau produknya,” pungkas wanita asal Semarang tersebut.

Sementara, pengurus DPD Akumandiri Kabupaten Malang yang hadir mendampingi antara lain Dodit Irianto, Sukarsono, Chandra Mahmud Wijaya, dan Suwito.

“Ini untuk start awal dari puluhan UMKM Anggota Akumandiri Kabupaten Malang, selanjutnya bertahap yang sudah lolos BIC dan lengkap dokumen. Akad kredit ini disambut antusias oleh UMKM di bawah binaan dan pendampingan Akumandiri Kabupaten Malang,” tambah Dodit Irianto.

(Ibenk/Yun)


TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Terkait Bom Kampung Melayu, Tiga Orang Diamankan Densus 88

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tim Densus 88 Mabes Polri mengamankan tiga orang terduga teroris yang berkaitan dengan aksi bom bunuh diri, Rabu (24/5/2015) malam di Terminal...

Selengkapnya

ICMI Orwil Jabar Kutuk Pelaku Bom Bunuh Diri Kampung Melayu

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Ketua Bidang Hukum dan HAM Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jawa Barat, Cecep Suhardiman mengutuk terjadinya bom bunuh diri...

Selengkapnya

Ini Kata Aher Soal Ledakan di Kampung Melayu

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku prihatin dan berbelasungkawa atas insiden yang terjadi di terminal Kampung Melayu, Jakarta,...

Selengkapnya

Olah TKP, Polisi Temukan Isi Panci di Bom Bunuh Diri Kampung Melayu

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Pasca ledakan bom panci bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta, Polisi langsung memeriksa lokasi kejadian. Selain buku dan struk kecil, polisi...

Selengkapnya

Raja & Ratu Swedia Kagum dengan Angklung dan Bobotoh Viking

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Dalam kunjungan pertama kali ke Indonesia, khususnya Kota Bandung, Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia terpesona dengan alat musik...

Selengkapnya

Heboh! Terjadi Ledakan di Kampung Melayu Jakarta Timur, Diduga Bom Bunuh Diri

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Sebuah ledakan diduga bom bunuh diri terjadi di sekitar Terminal Bus Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) sekira pukul...

Selengkapnya

Proses Hukum Kasus Dugaan Pelecehan Lambang Negara Harus Tetap Berjalan

GARUT,  FOKUSJabar. com : Terkait dugaan kasus pelecehan lambang negara yang terpampang dalam spanduk yang dikeluarkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

Selengkapnya

Tolak Jalan Tol ke BIJB, Bupati Majalengka akan Menghadap Presiden

MAJALENGKA, FOKUSJabar.com : Bupati Majalengka, Sutrisno tetap menolak pembangunan jalan tol menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, bahkan dalam...

Selengkapnya

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Putih di Bandung Diluar Kendali

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Pasar Anyar, Astana Anyar Kota Bandung didatangi Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Perdagangan dan Industri serta PD Pasar Bermartabat, Senin...

Selengkapnya

Pasar Rakyat Wanaraja Layak Diresmikan Presiden

GARUT, FOKUSJabar.com : Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, Pasar Rakyat Wanaraja layak diresmikan Presiden, pasalnya, Pasar Rakyat Wanaraja ini pembangunannya...

Selengkapnya