Tingkatkan UMKM, Artha Graha Kerjasama dengan Akumandiri Berikan Kredit - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Minggu, 20 Agustus 2017
Search

Tingkatkan UMKM, Artha Graha Kerjasama dengan Akumandiri Berikan Kredit

MALANG, FOKUSJabar.com : Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Indonesia Akumandiri kerjasama dengan PT Bank Artha Graha International, Tbk., dalam pemberian kredit bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bank Artha Graha mendukung kegiatan Akumandiri sebagai Bapak Angkat Fasilitas Permodalan KUR Mikro dari Bank Artha Graha International.

Perwakilan Bank Artha Graha International Cabang Surabaya Executive Officer MSE, Selvy Hutomo menyampaikan, Bank Artha Graha International sangat mendukung dan men-support kegiatan Akumandiri sebagai bentuk Pengentasan UMKM yang lebih baik.

“Kami sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam menopang Pengusaha Mikro Kecil (PMK) dalam peningkatan ekonomi daerah,” kata Selvy Hutomo.

Program tersebut juga sesuai dengan pilar ke-4 Artha Graha Peduli yaitu pemberdayaan masyarakat, bisa diartikan Bank Artha Graha peduli untuk menambah lapangan pekerjaan.

“Dan peningkatan keahlian serta keterampilan PMK dalam rangka peningkatan kesejahteraan UMKM sehingga ekonomi daerah juga meningkat,” tuturnya.

Sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut, baru-baru ini telah dilaksanakan Akad Kredit di Kantor PT. Bank Artha Graha International, Tbk Cabang Surabaya, Jalan Karet Surabaya,  Senin (15/5/2017).

Dalam akad kredit tersebut, hadir UMKM anggota Akumandiri Kabupaten Malang dalam pengikatan yang didampingi langsung oleh Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri, Hermawati Setyorinny.

“Kerjasama penyaluran kredit usaha rakyat untuk mikro kecil menengah ini diperuntukan bagi IUMKM anggota Akumandiri di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Menurutnya, benefit sebagai anggota Akumandiri, salah satunya adalah fasilitas permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk usaha mikro ini mencapai Rp25 juta dengan bunga KUR sebesar 9% tanpa agunan.

“Perwakilan atau pengurus di wilayah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia bisa mengajukan dana ini,” terangnya.

Wanita yang akrab disapa Rinny ini juga mengucapkan selamat bagi anggota Akumandiri yang sudah mendapatkan bantuan program pemerintah melalui fasilitas Akumandiri.

Ia meminta agar dana tersebut benar dipakai untuk usaha, sehingga kesejahteraan ekonomi semakin baik untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Wajib bayar tepat waktu ya, jangan sampai telat. Karena nilai diri kita bisa diukur dari ketepatan waktu dan ketepatan janji,” tandasnya.

Kepada Pengurus DPD Akumandiri Malang, Rinny juga menegaskan agar bersama-sama memantau, membina dan mendampingi anggota sampai pinjaman lunas.

“Kalau membantu ya jangan UMKM disuapin, tapi ajarkan mereka tanggung jawab pada dirinya, kewajibannya dan hasil usahanya atau produknya,” pungkas wanita asal Semarang tersebut.

Sementara, pengurus DPD Akumandiri Kabupaten Malang yang hadir mendampingi antara lain Dodit Irianto, Sukarsono, Chandra Mahmud Wijaya, dan Suwito.

“Ini untuk start awal dari puluhan UMKM Anggota Akumandiri Kabupaten Malang, selanjutnya bertahap yang sudah lolos BIC dan lengkap dokumen. Akad kredit ini disambut antusias oleh UMKM di bawah binaan dan pendampingan Akumandiri Kabupaten Malang,” tambah Dodit Irianto.

(Ibenk/Yun)





TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Bendera Terbalik, DPR Nilai Ada Unsur Kesengajaan

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Insiden kurang terpuji terjadi saat pembukaan Sea Games 2017 yang tahun ini diselenggarakan Malaysia. Dalam buku panduan Sea Games 2017 bendera...

Selengkapnya

Bocah Inspiratif, Nafkahi Adiknya Dari Hasil Menjual Barang Rongsok

CIREBON, FOKUSJabar.com: Namanya Miki (16), bocah yatim piatu dari Kampung Pilang Tonggo, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon ini sepertinya tidak mengenal kata...

Selengkapnya

Empat Tahun DI Citameng 2 Tak Tersentuh Normalisasi, Petani Sukawening Garut Menjerit

GARUT, FOKUSJabar.com : Sudah hampir empat tahun lamanya, petani di Kecamatan Sukawening mengharapkan bantuan normalisasi/pengerukan Daerah Irigasi (DI) Citameng 2 dari...

Selengkapnya

DPD PKS Garut: Jika Hidup Harmonis Kenapa Mesti “ Bercerai “

GARUT, FOKUSJabar.com : Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, seluruh Partai Politik (Parpol) di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat saat ini...

Selengkapnya

Miris, Dekat Kantor Pemkab Bandung Barat Masih Ada Rutilahu Tanpa MCK

BANDUNG BARAT, FOKUSJabar.com: Berdekatan dengan komplek perkantoran pemerintah tidak menjamin lingkungan sekitarnya  terperhatikan. Hal itu terlihat dari masih adanya...

Selengkapnya

PSGC vs Persip Pekalongan: Pertahankan Trend Menang

CIAMIS, FOKUSjabar.com: PSGC Ciamis bakal menjalani laga tandang melawan Persip Pekalongan pada pekan ke-12 Liga2 Indonesia dari grup 3 Sabtu, 19 Agustus 2017 pukul...

Selengkapnya
Gedung Intan Medina Garut Belum Bisa Menampung Seluruh PKL

Gedung PKL Intan Medina Garut Bakal Disewakan? Ratusan Pedagang Tak Terima

GARUT, FOKUSJabar.com : Beredar isu bahwa Gedung Pedagang Kaki Lima (PKL) Intan Medina Garut, lantai 2 bakal disewakan ke pihak perusahaan. Hal itu tentu saja membuat...

Selengkapnya

Sebelum Dikerjakan, bjb Pangandaran Cairkan Dana Pekerjaan Kontruksi

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com : Pimpinan Cabang Bank bjb Pangandaran, Dede E Wahyudi mengakui kesalahan atas kecolongan pencairan dana pada pelaksanaan pekerjaan yang...

Selengkapnya

Dua Balon Raksasa Milik LSM BAIS Mengudara di Perbatasan Kabupaten Garut-Cianjur

GARUT, FOKUSJabar.com : Berbagai tradisi unik dilakukan warga untuk menyambut sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)....

Selengkapnya

Bank bjb Mengaku Kecolongan Pencairan Dana di Pangandaran

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com : Kisruh pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan berkala Jalan Campaka-Karangkamiri di Kecamatan Cigugur yang diduga anggaran pelaksanaanya...

Selengkapnya