Tingkatkan UMKM, Artha Graha Kerjasama dengan Akumandiri Berikan Kredit - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Rabu, 28 Juni 2017
Search

Tingkatkan UMKM, Artha Graha Kerjasama dengan Akumandiri Berikan Kredit




MALANG, FOKUSJabar.com : Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMKM) Indonesia Akumandiri kerjasama dengan PT Bank Artha Graha International, Tbk., dalam pemberian kredit bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bank Artha Graha mendukung kegiatan Akumandiri sebagai Bapak Angkat Fasilitas Permodalan KUR Mikro dari Bank Artha Graha International.

Perwakilan Bank Artha Graha International Cabang Surabaya Executive Officer MSE, Selvy Hutomo menyampaikan, Bank Artha Graha International sangat mendukung dan men-support kegiatan Akumandiri sebagai bentuk Pengentasan UMKM yang lebih baik.

“Kami sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam menopang Pengusaha Mikro Kecil (PMK) dalam peningkatan ekonomi daerah,” kata Selvy Hutomo.

Program tersebut juga sesuai dengan pilar ke-4 Artha Graha Peduli yaitu pemberdayaan masyarakat, bisa diartikan Bank Artha Graha peduli untuk menambah lapangan pekerjaan.

“Dan peningkatan keahlian serta keterampilan PMK dalam rangka peningkatan kesejahteraan UMKM sehingga ekonomi daerah juga meningkat,” tuturnya.




Sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut, baru-baru ini telah dilaksanakan Akad Kredit di Kantor PT. Bank Artha Graha International, Tbk Cabang Surabaya, Jalan Karet Surabaya,  Senin (15/5/2017).

Dalam akad kredit tersebut, hadir UMKM anggota Akumandiri Kabupaten Malang dalam pengikatan yang didampingi langsung oleh Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri, Hermawati Setyorinny.

“Kerjasama penyaluran kredit usaha rakyat untuk mikro kecil menengah ini diperuntukan bagi IUMKM anggota Akumandiri di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Menurutnya, benefit sebagai anggota Akumandiri, salah satunya adalah fasilitas permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), untuk usaha mikro ini mencapai Rp25 juta dengan bunga KUR sebesar 9% tanpa agunan.

“Perwakilan atau pengurus di wilayah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia bisa mengajukan dana ini,” terangnya.

Wanita yang akrab disapa Rinny ini juga mengucapkan selamat bagi anggota Akumandiri yang sudah mendapatkan bantuan program pemerintah melalui fasilitas Akumandiri.

Ia meminta agar dana tersebut benar dipakai untuk usaha, sehingga kesejahteraan ekonomi semakin baik untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.

“Wajib bayar tepat waktu ya, jangan sampai telat. Karena nilai diri kita bisa diukur dari ketepatan waktu dan ketepatan janji,” tandasnya.

Kepada Pengurus DPD Akumandiri Malang, Rinny juga menegaskan agar bersama-sama memantau, membina dan mendampingi anggota sampai pinjaman lunas.

“Kalau membantu ya jangan UMKM disuapin, tapi ajarkan mereka tanggung jawab pada dirinya, kewajibannya dan hasil usahanya atau produknya,” pungkas wanita asal Semarang tersebut.

Sementara, pengurus DPD Akumandiri Kabupaten Malang yang hadir mendampingi antara lain Dodit Irianto, Sukarsono, Chandra Mahmud Wijaya, dan Suwito.

“Ini untuk start awal dari puluhan UMKM Anggota Akumandiri Kabupaten Malang, selanjutnya bertahap yang sudah lolos BIC dan lengkap dokumen. Akad kredit ini disambut antusias oleh UMKM di bawah binaan dan pendampingan Akumandiri Kabupaten Malang,” tambah Dodit Irianto.

(Ibenk/Yun)


TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Jalan Menuju Objek Wisata di Garut Macet

GARUT, FOKUSJabar.com : Memasuki H+2 Hari Raya Idul Fitri 1438 H, jumlah kendaraan yang melintasi atau pu memasuki wilayah Kabupaten Garut terus mengalami peningkatan....

Selengkapnya

Yaris Seruduk Rumah, Satu Orang Tewas

GARUT, FOKUSJabar.com : Sebuah mobil Toyota Yaris berwarna hitam dengan Nopol B 1487 KMR menabrak salah satu rumah milik warga Kampung Pasirgoong, Desa Mulajaya,...

Selengkapnya

Tradisi Lebaran yang Terjaga Kelestariannya

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Hari raya Idul Fitri atau biasa disebut lebaran adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal. Masyarakat Indonesia menyambutnya...

Selengkapnya
Pelantikan Serentak Kepala Daerah Digelar Pertengahan Februari

Mendagri Ancam Sanksi Bagi PNS Bolos Usai Libur Lebaran

FOKUSJabar.com: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta seluruh staf di kementeriannya dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kembali bekerja pada...

Selengkapnya

Nekad Berenang di area larangan, Pengunjung Pangandaran Tewas

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com: Dalam waktu dua hari, dua nyawa wisatawan melayang di Pangandaran. Pengungunjung yang mengalami kecelakaan rata-rata mereka yang tidak...

Selengkapnya

Pantai Rancabuaya Mengganas, Dua Orang Asal Bandung jadi Korban

GARUT, FOKUSJabar.com : Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut kembali mengganas. Kini dua wisatawan asal Ciparay, Bandung hilang digulung ombak. Kedua korban tersebut...

Selengkapnya

Mendapat Remisi Idul Fitri, 2 Narapidana Lapas IIB Ciamis Bebas

CIAMIS, FOKUSJabar.com: Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis, pada hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah mendapat remisi. ” Total...

Selengkapnya

Korban Terdampak Banjir Bandang Garut Berlebaran di Tempat Pengungsian

GARUT, FOKUSJabar.com : Merayakan Lebaran adalah hal yang sangat membahagiakan bagi Umat Islam di dunia. Tradisinya, berkumpul dengan sanak saudara, saling tukar ampau...

Selengkapnya

Delman Tetap Beroperasi, Garut Dikepung Macet

GARUT, FOKUSJabar.com : Sehari menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Garut macet. Terlebih di malam takbiran, Kota Intan...

Selengkapnya

H-3, Kepadatan Jalur Selatan Meningkat 40 Persen

GARUT, FOKUSJabar.com : Suasana arus mudik Jalur Selatan Jabar, di Jalan Raya Limbangan, Malangbong menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah hingga H-3 terpantau padat....

Selengkapnya