Inspektorat Majelengka Periksa Semua Instansi Pemerintahan - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Senin, 26 Juni 2017
Search

Inspektorat Majelengka Periksa Semua Instansi Pemerintahan




MAJALENGKA,FOKUSJabar.com : Inspektorat Kabupaten Majalengka saat ini telah memeriksa 60 desa dari target 124 desa yang diduga bermasalah pada tahun 2017. Pemeriksaan meliputi aspek kebijakan, keuangan, aset dan kelembagaan.

Kepala Inspektorat Kabupaten Majalengka, H Sanwasi mengatakan, landasan hukum pemeriksaan terhadap desa, kecamatan dan semua OPD berdasarkan Surat Keputusan Bupati nomor: 700/KEP.350/Inspt/2016, tentang program kerja pengawasan tahunan (PKPT), Inspektorat Kabupaten Majalengka.

“Tahun 2016 kami hanya memeriksa 54 desa, tahun sekarang 124 desa, dan di tahun 2018 akan memeriksa semua desa se-Kabupaten Majalengka,” katanya, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, pemeriksaan hanya dilakukan 124 desa, alasannya karena kurangnya SDM. Maka demi memenuhi target semua desa akan diperiksa pada tahun depan.

“Perlu diketahui kedepan akan ada pengurangan aparatur pemeriksa, yang tadinya delapan orang selama tiga hari, mungkin menjadi tiga orang pemeriksa dengan maksimal pemeriksaan satu hari,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan sementara temuan lebih banyak ditemukan di tingkat desa, dibanding temuan di tingkat kecamatan maupun OPD. Hal itu dikarenakan persoalan desa lebih mudah dibanding temuan di kecamatan dan OPD.




“Kalau temuan di desa itu bervariasi, dan kami hanya melakukan pendeteksian dini, setelah itu berkordinasi dengan dinas terkait yakni Dinas Pemberdayaan Desa dan Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) di Pemda untuk dilakukan pembinaan,” katanya.

Selain memeriksa puluhan desa, pihaknya akan memeriksa juga 26 kantor kecamatan dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Majalengka.

“Pemeriksaan di tingkat desa sudah dimulai hingga minggu ke-3 bulan Mei. Untuk kecamatan akan di mulai Juni mendatang, sedangkan tingkat OPD, Juli sampai Agustus akhir,” paparnya.

Dari semua hasil pemeriksaan nanti, lanjut Sanwasi akan dilaporkan pada kepala daerah. Jika ada yang minta data hasil pemeriksaan untuk kepentingan apa pun, harus ada izin dari kepala daerah.

“Kalau hasil pemeriksaan di tingkat desa, Inpsektorat diminta melaporkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), setiap triwulan sekali,” katanya.

Sanwasi mengaku, pihaknya sudah melakukan pemetaan pembinaan di tingkat desa hingga OPD. Di tingakt OPD sudah diberikan kavling pembinaan. Bahkan banyak kepala OPD yang sering berkonsultasi terkait berbagai kegiatan yang dilakukan di OPD masing-masing.

Dia berharap, setiap tahun hasil temuan pemeriksaan inspektorat lebih sedikit, karena itu menandakan profesionalisme aparatur pemerintahan dari tingkat desa hingga kabupaten meningkat.

“Barometer keberhasilan inspektorat itu temuan sedikit, dan apabila itu tercapai, itu keberhasilan semua elemen, bukan hanya Inspektorat,” katanya.

Pihaknya juga mendorong agar aparatur pemerintahan di Kabupaten majalengka bersikap profesional seusai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang ada, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjerat kasus hukum oleh pihak berwajib.

“Saya berharap setiap tahunnya temuan dari hasil pemeriksaan Inspektorat sedikit, karena barometer keberhasilan Inspektorat adalah sedikitnya ditemukan temuan, bahkan jangan sampai ditemukan kasus yang mendera aparatur pemerintahan Majalengka,” pungkasnya.

(Adim/Yun)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Mendapat Remisi Idul Fitri, 2 Narapidana Lapas IIB Ciamis Bebas

CIAMIS, FOKUSJabar.com: Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis, pada hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah mendapat remisi. ” Total...

Selengkapnya

Korban Terdampak Banjir Bandang Garut Berlebaran di Tempat Pengungsian

GARUT, FOKUSJabar.com : Merayakan Lebaran adalah hal yang sangat membahagiakan bagi Umat Islam di dunia. Tradisinya, berkumpul dengan sanak saudara, saling tukar ampau...

Selengkapnya

Delman Tetap Beroperasi, Garut Dikepung Macet

GARUT, FOKUSJabar.com : Sehari menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Garut macet. Terlebih di malam takbiran, Kota Intan...

Selengkapnya

H-3, Kepadatan Jalur Selatan Meningkat 40 Persen

GARUT, FOKUSJabar.com : Suasana arus mudik Jalur Selatan Jabar, di Jalan Raya Limbangan, Malangbong menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah hingga H-3 terpantau padat....

Selengkapnya

Baliho Balon Bupati Garut Bikin “ Sareukseuk “ Alun-alun Cibatu

GARUT, FOKUSJabar.com : Sejumlah ruas jalan utama, tempat-tempat strategis serta Alun-alun dipenuhi baliho Bakal Calon (Balon) Bupati Garut dan spanduk bertuliskan...

Selengkapnya

Pemprov Jabar-PT Jabar Bersih Lestari Tandatangani Kontrak Pembangunan TPPAS Luna

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama PT Jabar Bersih Lestari menandatangani kontrak bersama untuk pembangunan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan...

Selengkapnya

Hari Ini Lonjakan Volume Kendaraan Terjadi di Jalur Nagreg

GARUT, FOKUSJabar.com : Lonjakan kendaraan pemudik yang melintas melalui jalan Nagreg lewat Garut mulai terlihat memasuki H-4 hari raya Idul Fitri 1438 H. Terpantau dari...

Selengkapnya

Terlalu!! Hingga H-4 Lebaran, Ada 7 Perusahaan di Jabar Belum Bayar THR

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Empat hari jelang Lebaran, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat menyebut masih ada sejumlah perusahaan ‎di tujuh...

Selengkapnya

Selamat Ulang Tahun ke-56 Pak Presiden Jokowi

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Tepat pada tanggal 21 Juni 2017 yang jatuh pada hari ini, Presiden Joko Widodo berulang tahun yang ke-56. Seperti dikutip dari Detik, putra...

Selengkapnya

Operasi Ramadniya 2017 di Jabar Libatkan 36 Ribu Personel

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya 2017 di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung,...

Selengkapnya