Pentingnya Asuransi KTA untuk Kelangsungan Proses Pinjaman di Masa Depan - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Sabtu, 29 April 2017
Search
ilustrasi

Pentingnya Asuransi KTA untuk Kelangsungan Proses Pinjaman di Masa Depan




FokusJabar.com : Kewajiban seseorang yang meminjam uang adalah membayar lunas pinjaman. Namun yang namanya takdir, tidak pernah ada yang tahu kapan giliran kita meninggal. Seperti cerita-cerita di sinetron, ketika seorang ayah meninggal dunia padahal hutang belum dilunasi, maka anggota keluarga lainnya akan dikejar-kejar debt collector agar segera melunasi pinjaman.

Sering pula anggota keluarga yang masih hidup merasa pihak yang memberi pinjaman sangat kejam, akan tetapi mungkin memang begitulah ketentuan pihak pemberi pinjaman untuk mendapatkan uang yang telah dipinjamkan.

Pada realitanya, ada asuransi KTA (Kredit Tanpa Anggunan) yang bisa menjamin resiko kemungkinan peminjam meninggal dunia. Dengan adanya asuransi KTA, pihak pemberi pinjaman dan pihak yang diberikan pinjaman akan lebih tenang jika mengajukan pinjaman dana tanpa agunan.

Asuransi KTA sebenarnya sama saja dengan asuransi kredit secara umum. Layanan asuransi KTA ditawarkan oleh Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo). Jika kita meminjam uang pada pihak bank maka kita akan mendapatkan penawaran apakah akan mengambil asuransi KTA ini atau tidak.

Jika kita memilih untuk mengambil asuransi KTA maka seperti asuransi-asuransi lainnya, kita juga diwajibkan membayar premi. Misalnya jika Anda mengajukan KTA Tunaiku dari Amar Bank, biasanya nilai premi yang wajib kita bayarkan sudah dimasukkan ke dalam cicilan pinjaman yang secara rutin kita setorkan ke bank. Walaupun ada pula sebagian bank yang memang membebaskan nasabahnya dari kewajiban membayar asuransi kredit KTA.

Ketentuan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menyatakan bahwa asuransi kredit termasuk asuransi KTA akan memberikan perlindungan dan menjamin pelunasan pinjaman baik kreditur (pemberi pinjaman) maupun debitur (penerima kredit) jika :




– Debitur meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit secara alami
– Debitur mengalami cacat permanen akibat kecelakaan sehingga tidak bisa melanjutkan pembayaran cicilan pinjaman.

Asuransi KTA juga menjamin pelunasan pinjaman jika debitur tidak dapat melunasi pinjaman akibat terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Untuk mengecek ketentuan lengkap tentang resiko apa saja yang dicover oleh perusahaan penyedia asuransi, tentunya kita harus mendapatkan draft dan memahami isi ketentuan polis asuransi KTA dari perusahaan asuransi tersebut.

Misalkan salah satu resiko menimpa kita, anggota keluarga kita sebagai ahli waris tidak akan mendapatkan warisan hutang dan aman dari kejaran debt collector. Hutang yang belum dilunasi akan ditanggung oleh pihak asuransi KTA.

Sedangkan usaha yang kita biayai dari pinjaman KTA juga aman, tanpa perlu kawatir akan ada penyitaan dari pihak bank. Semuanya terjamin kecuali kita yang sedang tertimpa resiko. Kemungkinan kita sedang sakit, cacat permanen, baru saja di-PHK atau mungkin sudah meninggal dunia.

Pentingnya mengambil asuransi KTA ketika kita mengambil pinjaman KTA sangatlah jelas. Namun tetap saja banyak nasabah yang mengambil KTA masih enggan mengambil asuransi KTA. Alasan mereka kerap kali menganggap pembayaran premi asuransi akan lebih memberatkan cicilan pinjaman KTA.

Tentu saja jika kita tetap keras tidak mau mengambil asuransi KTA, maka secara tidak langsung kita akan membebani keluarga/ ahli waris. Tanpa adanya asuransi KTA, jika kita tertimpa resiko maka anggota keluarga kita/ahli waris akan mendapatkan warisan hutang yang mesti mereka bayar lunas.

Jika anggota keluarga tidak dapat melakukan pelunasan pinjaman KTA, asset yang dimiliki keluarga/ahli waris juga akan terancam disita oleh pihak bank selaku pemberi pinjaman.

Memang yang namanya KTA merupakan suatu produk kredit yang tidak menggunakan asset atau dokumen penting sebagai anggunan. Akan tetapi jika ada kredit macet dimana peminjam tidak dapat melunasi, maka bank tetap akan melakukan penyitaan asset, meskipun penyitaan akan melewati pengadilan terlebih dahulu.

Biasanya setiap perjanjian kredit dari bank sudah termasuk asuransi KTA. Sehingga kita tidak perlu proses pendaftaran membawa bermacam-macam dokumen. Kita hanya diminta lebih jeli dan teliti lagi tentang biaya premi yang langsung dijadikan satu dengan cicilan KTA.

Jika kita merasa kurang mendapatkan manfaat asuransi KTA ini, maka kita juga bisa mencari dan mengambil KTA di bank yang lain. Pilihan mengambil KTA di bank yang memiliki ketentuan membebaskan pembayaran premi asuransi KTA tentu juga lebih menguntungkan kita.

Yang perlu diingat, meskipun telah ada asuransi KTA, kita sebagai peminjam tetap memiliki kewajiban untuk membayar hingga lunas pinjaman KTA yang diberikan kepada kita.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Peduli Olahraga, Aher Terima Penghargaan dari Siwo PWI Pusat

JAKARTA,FOKUSJabar.com: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) sukes menggelar berbagai event olahraga baik nasional maupun internasional di Jawa Barat. Puncaknya,...

Selengkapnya

Musisi Internasional Akan Meriahkan ‘The 9th Internasional Kampoeng Jazz’ Sore Ini

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Buat kamu yang bingung mau kemana malam minggu ini, kamu bisa datang langsung ke acaranya The 9th Internasional Kampoeng Jazz yang...

Selengkapnya

Tahun Depan Dana Desa Naik dengan Empat Syarat

CIREBON, FOKUSJabar.com : Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, Dana Desa yang digelontorkan pemerintah pusat tahun...

Selengkapnya

Jelang Hari Buruh, Empat SSK Pasukan Brimob Disiagakan di Bogor dan Purwakarta

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Sebanyak empat Satuan setingkat Kompi (SSK) disiagakan Polda Jabar untuk menjaga keamanan menjelang Hari Buruh, 1 Mei mendatang, khususnya...

Selengkapnya

Kemenristek Dikti Gulirkan 1.000 Beasiswa Bagi Penyandang Disabilitas

GARUT,FOKUSJabar.com : Terkait presentasi jumlah disabilitas yang sudah terfasilitasi secara nasional baru sekitar 4 sampai 5 persen dari total populasi yang ada,...

Selengkapnya

Gubernur Jabar Raih Bawaslu Jabar Award 2017

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Gubernur Jawa Barat meraih penghargaan dalam Bawaslu Jabar Award 2017 merupakan refleksi atas partisipasi aktif lembaga, organisasi, dan...

Selengkapnya

Pemprov Jabar Teken NPHD Pilgub Jabar 2018, Dana Rp1,687 Trilyun Dikucurkan

BANDUNG , FOKUSJabar.com: Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan dana Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 sebesar Rp1,687 trilyun melalui penandatanganan Naskah...

Selengkapnya

Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tak sedikit seorang ibu ogah menyusui bayinya sendiri. Mereka lebih memilih memberikan susu botol ketimbang memberikan Air Susu Ibu (ASI)...

Selengkapnya

Memperingati Hari Jadi Kabupaten ke-376, Angkot Soreang-Banjaran Hari ini Gratis!

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Ada kabar gembira nih buat masyarakat atau para pengguna angkotan kota khususnya yang tinggal di daerah Kabupaten Bandung. Pasalnya, hari ini...

Selengkapnya

Ibu-ibu PAUD Siap Sosialisasikan Anjar Asmara

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Salah satu kelompok Ibu-Ibu yang telah melakukan silaturahmi dengan Kawan Anjar Asmara (AA), yaitu pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)...

Selengkapnya