Kilas Balik Peristiwa Penting 9 Maret 1916-2016 - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Jumat, 26 Mei 2017
Search
Kilas Balik (foto web)

Kilas Balik Peristiwa Penting 9 Maret 1916-2016




BANDUNG, FOKUSJabar.com : Berbagai macam peristiwa penting di dunia terjadi pada 9 Maret. Berikut kilas baliknya dari tahun 1916-2016.

1916 – Revolusi Meksiko: Pancho Villa memimpin hampir 500 perampok Meksiko menyerang kota perbatasan Columbus, New Mexico.

1925 – Perang Pink: Operasi serangan udara Royal Air Force dipimpin Wing Commander Richard Pink yang dilancarkan secara mandiri dari British Army atau Royal Navy terhadap pertahanan suku Mahsud di Waziristan Selatan (sekarang bagian dari Pakistan).

1933 – Depresi Besar: Presiden AS Franklin D. Roosevelt mengajukan Undang-undang Perbankan Darurat (Emergency Banking Act) kepada Kongres, bagian pertama dari kebijakan New Deal.

1942 – Perang Dunia II: Pemerintah kolonial Hindia Belanda, diwakili Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten, menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati, Subang, Jawa Barat.

1945 – Perang Dunia II: Pemboman malam pertama di atas Tokyo menghasilkan kerusakan yang sebanding dengan dampak bom Hiroshima 5 bulan kemudian.




1945 – Perang Dunia II: Kudeta militer oleh pasukan Jepang di Indochina Perancis untuk menggusur pemerintahan kolonial Perancis Vichy.

1946 – Bencana stadium Bolton Wanderers di Burnden Park, Bolton, Inggris, menewaskan 33 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

1954 – McCarthyisme: Stasiun televisi CBS menayangkan episode See It Now, “A Report on Senator Joseph McCarthy”, diproduseri oleh Fred Friendly.

1956 – Tentara Uni Soviet menekan demonstrasi massa di Republik Georgia, yang merupakan reaksi atas kebijakan de-Stalinisasi oleh Nikita Khrushchev.

1957 – Gempa bumi berkekuatan 8.3 Skala Richter di Kepulauan Andreanof, Alaska memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik yang menimbulkan kerusakan yang luas di Hawaii dan Oahu.

1959 – Boneka terlaris di dunia, Barbie, dijual pertama kali dalam Pameran Mainan Internasional di New York City.

1960 – Dr. Belding Hibbard Scribner pertama kalinya mengimplan langsiran yang ia ciptakan ke seorang pasien, yang memungkinkan pasien menerima hemodialisis secara rutin.

1961 – Sputnik 9 berhasil diluncurkan, membawa boneka manusia yang dijuluki Ivan Ivanovich, danunjukkan bahwa Uni Soviet siap untuk memulai misi luar angkasa berawak.

1967 – Pesawat Douglas DC-9-15 Trans World Airlines Penerbangan 553 jatuh di lapangan di Concord, Ohio setelah bertabrakan udara dengan pesawat Beechcraft Baron, menewaskan 26 orang.

1976- 42 orang tewas dalam kecelakaan kereta gantung di resor ski Cavalese, dekat Trento, Italia, yang merupakan kecelakaan kereta gantung terparah hingga saat ini.

1978 – Peresmian Jalan Tol Jagorawi, jalan tol pertama di Indonesia oleh Presiden Soeharto.

1991 – Demonstrasi masif menentang Slobodan Milošević merebak di Belgrade, Serbia.

2003 – Pencanangan Hari Musik Nasional Indonesia oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, berdasarkan hari kelahiran komposer Wage Rudolf Soepratman.

2011 – Pesawat ulang-alik Discovery mendarat terakhir kalinya setelah total penerbangan 39 kali.

2013 – Pelaksanaan Music Bank World Live Tour di Indonesia, bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

2016 – Gerhana Matahari Total di Bangka Belitung, Balikpapan, Palu dan Ternate, Indonesia.

(Bambang F/Net)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Terkait Bom Kampung Melayu, Tiga Orang Diamankan Densus 88

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tim Densus 88 Mabes Polri mengamankan tiga orang terduga teroris yang berkaitan dengan aksi bom bunuh diri, Rabu (24/5/2015) malam di Terminal...

Selengkapnya

ICMI Orwil Jabar Kutuk Pelaku Bom Bunuh Diri Kampung Melayu

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Ketua Bidang Hukum dan HAM Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jawa Barat, Cecep Suhardiman mengutuk terjadinya bom bunuh diri...

Selengkapnya

Ini Kata Aher Soal Ledakan di Kampung Melayu

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku prihatin dan berbelasungkawa atas insiden yang terjadi di terminal Kampung Melayu, Jakarta,...

Selengkapnya

Olah TKP, Polisi Temukan Isi Panci di Bom Bunuh Diri Kampung Melayu

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Pasca ledakan bom panci bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta, Polisi langsung memeriksa lokasi kejadian. Selain buku dan struk kecil, polisi...

Selengkapnya

Raja & Ratu Swedia Kagum dengan Angklung dan Bobotoh Viking

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Dalam kunjungan pertama kali ke Indonesia, khususnya Kota Bandung, Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia terpesona dengan alat musik...

Selengkapnya

Heboh! Terjadi Ledakan di Kampung Melayu Jakarta Timur, Diduga Bom Bunuh Diri

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Sebuah ledakan diduga bom bunuh diri terjadi di sekitar Terminal Bus Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) sekira pukul...

Selengkapnya

Proses Hukum Kasus Dugaan Pelecehan Lambang Negara Harus Tetap Berjalan

GARUT,  FOKUSJabar. com : Terkait dugaan kasus pelecehan lambang negara yang terpampang dalam spanduk yang dikeluarkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

Selengkapnya

Tolak Jalan Tol ke BIJB, Bupati Majalengka akan Menghadap Presiden

MAJALENGKA, FOKUSJabar.com : Bupati Majalengka, Sutrisno tetap menolak pembangunan jalan tol menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, bahkan dalam...

Selengkapnya

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Putih di Bandung Diluar Kendali

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Pasar Anyar, Astana Anyar Kota Bandung didatangi Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Perdagangan dan Industri serta PD Pasar Bermartabat, Senin...

Selengkapnya

Pasar Rakyat Wanaraja Layak Diresmikan Presiden

GARUT, FOKUSJabar.com : Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, Pasar Rakyat Wanaraja layak diresmikan Presiden, pasalnya, Pasar Rakyat Wanaraja ini pembangunannya...

Selengkapnya