Pangandaran Butuh Balai Latihan Kerja

0
151

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com : Pemerintah Kabupaten Pangandaran berencana akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Pembangunan BLK ini diharapkan membantu masyarakat yang ingin bekerja sesuai dengan bidang keahlian dan kesempatan kerja yang kini sedang dibutuhkan.

“Pekerjaan rumah kita bersama adalah persoalan kemiskinan. Salah satu faktor sulitnya mencari lahan pekerjaan menjadi permasalahan panjang yang merundun negera ini. Untuk itu, Pemerintah Pangandaran berencana mambangun BLK,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Industri dan Transimgrasi, Kabupaten Pangandaran, Sobar Sugema, Rabu (18/1/2017).

Sobar menerangkan, kehadiran BLK yang rencananya akan dibangun dilahan 6 hektar tersebut, menjadi salah satu tempat untuk melahirkan calon pekerja yang siap bekerja sesuai dengan keahlianya.

“BLK itu nantinya akan banyak ragam bidang keahlian yang bisa dipelajari oleh masyarakat. Sehingga, para pencari kerja akan mampu menentukan pekerjaan sesuai dengan kompetensi dirinya. Bahkan lulusan BLK ini, memiliki sertifikat yang layak untuk menjadi pekerja profesional,” tegasnya.

Sempitnya lahan pekerjaan kata Sobar, selalu menjadi alasan bagi setiap orang yang berniat untuk bekerja. Meski tanpa memiliki keahlian khusus, mayoritas orang menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan kompetensinya. Bahkan lanjut dia, polemik ketenagakerjaan di Indonesia masih menjadi pekerjaan panjang di negeri katulistiwa ini.

“Mewujudkan kesetaraan hak asasi manusia (HAM) untuk mendapatkan hak hidup layak, menjadi tujuan utama pemerintah. BLK ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang siap untuk bekerja di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” pungkasnya.

(B0ip/Bam’s)

There are no comments yet