Bupati Garut Instruksikan Satpol PP Periksa Bangunan Tak Berizin

0
154

GARUT, FOKUSJabar.com : Bupati Garut, Rudy Gunawan telah menginstruksikan dan memberi izin Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penelitian sekaligus memeriksa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hotel dan penginapan yang berada di Kawasan Objek Wisata Cipanas.

” Saya sudah mengeluarkan surat izin kepada Satpol PP untuk melakukan penelitian serta pemeriksaan semua izin hotel dan penginapan yang ada di Cipanas,” kata Bupati Rudy, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, penelitian dan pemeriksaan tersebut untuk menertibkan bangunan yang belum mengantongi IMB menyusul banyaknya alih fungsi dari rumah menjadi sebuah penginapan.

” Dulu Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) dalam mengeluarkan izin tidak pernah melakukan on the spot ke lapangan. Bahkan, banyak praktek percaloan dan perizinannya tidak sesuai dengan luas yang diajukan,” beber Bupati.

Rudy menegaskan, mereka mengajukan izin seluas tiga ribu meter. Kenyataannya mencapai delapan ribu meter. Untuk hotel-hotel besar, diyakini tidak akan melakukan kecurangan, karena mereka taat aturan.

” Mayoritas yang melakukan kecurangan yakni, penginapan dan hotel-hotel kecil. Meski begitu, tidak akan dibongkar karena akan terjadi konflik dengan pemilik/ masyarakat setempat,” sebut Rudy.

Penelitian dan pemeriksaan izin lanjut Bupati, akan dilakukan terus menerus menyusul masih banyaknya bangunan tak berizin.

” Jika nanti ditemukan ada bangunan tak berizin,saya tidak akan membongkarnya tetapi si-pemilik mesti segera mengajukan proses perizinannya,” pungkas Bupati Rudy.

(Rik/Bam’s)

There are no comments yet