Ini Kawasan Potensi Kebakaran di Pangandaran

0
162

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com : Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Pusat Pengendalian Oprasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, menerangkan, potensi terjadinya kebakaran di Kabupaten Pangandaran berada di kawasan padat penduduk.

“Berdasarkan data analisis, potensi terjadinya kebakaran berada di kawasan padat penduduk. Untuk saat ini berada di kawasan Kecamatan Pangandaran,” ucapnya, Senin (16/1/2017).

Menurutnya, Kecamatan Pangandaran memiliki tingkat kerawanan kebanyakan sangat tinggi. Padatnya gedung dan rumah bisa jadi penyebab mudahnya benda terbakar. Apalagi sambungan listrik yang bisa saja terjadi korsleting dalam waktu yang tak terduga.

“Korsleting listrik, kelalaian, api dan kebocoran gas. Untuk kegagalan teknologi saya rasa masih jarang. Semakin padat rumah semakin rawan,” tambah Nana.

Pada tahun 2016 lalu, penyebab kebakaran masih didominasi oleh akibat Korsleting Listrik dengan jumlah 8 kali kejadian, Tabung Gas, 1 kali, Pemanasan BBM Solar 1 kali, dan Sambaran Petir 1 kali.

Untuk menambah kinerja pemadaman kebakaran Dinas Damkar membutuhkan 5 unit mobil pemadam, 90 petugas yang tersebar setiap kecamatan.

” Namun mini petugas damkar hanya ada 18 orang dan dua unit mobil pemadam. Idealnya Mobil punya 5 unit dengan hitungan dua kecamatan per 1 unit. Standar penanganan kebakaran,  5000/1 petugas. Kemudian bila terjadi kebakaran silahkan hubungi ke Call center (0265) 7500312,” pungkasnya.

(Boip/Bam’s)

There are no comments yet