Respon China, Taiwan Luncurkan Jet Tempur

0
59
(ilustrasi web)

TAIWAN, FOKUSJabar.com : Pemerintah Taiwan kerahkan jet tempur dan kapal perang saat armada angkatan laut China yang dipimpin oleh kapal induk buatan Soviet bergerak mendekati Selat Taiwan, Rabu (11/01/2017).

Melansir CNN, Rabu (11/10/2016), kapal induk Liaoning milik China kembali dari latihan di Laut Cina Selatan yang tidak melanggar kawasan perairan teritorial Taiwan. Namun, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, armada China memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.

Sebagai respon, Taiwan meluncurkan jet tempur dan kapal perang untuk memantau dan mengendalikan pergerakan kapal-kapal China melalui perairan sempit yang memisahkan kedua negara tersebut.

“Kami sudah memegang penuh pergerakannya,” kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Chen Chung-chi, seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya China telah menyatakan kapal induk miliknya tengah melaksanakan latihan untuk menguji coba senjata dan peralatan di kawasan sengketa Laut Cina Selatan. Pergerakan tersebut diklaim telah sesuai dengan hukum

Latihan militer China tersebut sontak menegangkan negara tetangga terutama Taiwan, yang dianggap sebagai provinsi pembangkang. Pasalnya, sengketa wilayah di Laut Cina Selatan masih terus berlangsung dan tak kunjung terselesaikan.

(Agung/Yun)

There are no comments yet