Dishut Jabar Segera Memulai Rehabilitasi Hutan di DAS Citarum dan Cimanuk Hulu

0
66
Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat Budi Susatijo (Foto; WEB)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat Budi Susatijo mengaku akan segera memulai program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di kawasan daerah aliran sungai (DAS) Cimanuk hulu dan Citarum hulu. Pada program ini akan dilakukan di RHL dan diawali pembibitan pada April 2017.

“Saat kemarau nanti (April) teknis untuk pembibitan bisa dimulai, seperti membuat sumur resapan hingga pemberdayaan kelompok,” kata Budi yang juga ketua harian tim RHL di Gedung Sate Bandung, Rabu (11/1/2017).

Rencananya, penanaman benih pohon akan dilakukan di lahan seluas 28 ribu hektar dan dimulai pada saat musih hujan antara September atau Oktober. Teknisnya, benih akan ditabur dari udara. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa program tersebut didukung anggaran dari pemerintah pusat dengan besaran Rp257 milyar untuk dua kawasan DAS.

Kendati begitu, Pemprov pun memiliki anggaran untuk penanganan lahan kritis lainnya di Jawa Barat. Dinas Kehutanan menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp13 milyar untuk tahun 2017. Untuk dua DAS ini (Citarum dan Cimanuk) kecil sekitar Rp300 juta.

“Tetapi ada APBN, jadi jangan over lap di sini saja,” jelas dia.

Dengan kolaborasi itu, pihaknya berharap penanganan lahan kritis bisa tertangani dengan segera. Sehingga kelestarian lingkungan bisa terus terjaga untuk mencegah bencana.

(LIN)

There are no comments yet