Besok, Polda Jabar Panggil Habib Rizieq

0
55

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq akan kembali dipanggil penyidik Polda Jawa Barat. Rizieq sebelumnya dipanggil pada 5 Januari 2017, namun yang bersangkutan tidak berkenan hadir.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, pemanggilan tersebut untuk pemeriksaan kasus penistaan simbol negara Pancasila yang merupakan limpahan.

“Sekarang sudah memanggil HR, pemanggilan pertama 5 Januari, tapi yang bersangkutan tidak bisa hadir dengan alasan sakit,” ujar Yusri di Mapolda Jawa Barat, Rabu (11/1/2017.)

Besok direncanakan ulama yang diklaim sebagai Imam Besar itu akan dipanggil untuk menjalani pemeriksaan pengembangan kasus penistaan simbol negara Pancasila. Yusri menjelaskan, pihaknya berharap Habib Rizieq kooperatif dengan rencana pemanggilan tersebut.

“Layangkan panggilan kedua besok, diharapkan untuk bisa secara kooperatif diperiksa,” katanya.

Sedangkan untuk kasus penistaan budaya dengan memplesetkan Sampurasun menjadi campuracun, lanjut Yusri, penyidik masih mempelajari.

“Adanya laporan tentang masyarakat Sunda yang merasa di Purwakarta ada satu kata ‘Sampurasun’ yang sudah dilaporkan dan masih dipelajari masalahnya,” terangnya.

Diwartakan sebelumnya, masyarakat yang tergabung dalam berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) menggeruduk Mapolda Jawa Barat. Mereka berunjuk rasa meminta kasus penistaan budaya oleh Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq segera dituntaskan.

Habib Rizieq diduga mempelintir kata ‘Sampurasun’ menjadi ‘Campuracun’ saat berceramah di Kabupaten Purwakarta pada 13 November 2015. Mereka memandang kasus yang dilaporkan ke Polda Jawa Barat pada 21 Desember 2015 itu mengendap tanpa kejelasan status hukum.

(Adi/Yun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here